DKPPP Temukan Cacing Hati pada Sapi Kurban, Bahaya Jika Termakan..

DKPPP Temukan Cacing Hati pada Sapi Kurban, Bahaya Jika Termakan..

radartasik.com, BANJAR - Tim petugas pemeriksaan hewan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan  (DKPPP) Kota Banjar menemukan cacing hati dalam organ jeroan sapi kurban, Selasa (20/07/21). 

Sekertaris DKPPP Kota Banjar, Ngadimin melalui Kabid Peternakan, drh Iis Meilia membenarkan temuan cacing hati pada jeroaan pada sapi kurban di wilayah Kecamatan Banjar. 

"Ada satu kasus cacing hati pada sapi di wilayah Kecamatan Banjar. Organ hati tersebut langsung diafkir," kata dia kepada radartasik.com. 

Menurut dia, untuk di wilayah lainnya, seperti di Kecamatan Pataruman, Purwaharja dan Langensari tim tidak menemukan adanya cacing hati. 

"Tim melalukan pemeriksaan posmortem atau hewan yang telah dipotong. Yakni bagian jeroan, berupa hati, ginjal, paru-paru dan juga kepala," jelasnya. 

Dia menjelaskan, satu kasus temuan tersebut pada hewan kurban yang disembelih bukan berasal dari Kota Banjar, melainkan dari luar daerah. 

Meski ada hewan kurban yang terinfeksi oleh cacing, namun petugas langsung bergerak melakukan tindakan.

Sehingga tidak menyebar ke yang lain, dan daging serta jeroan lainnya layak dikonsumsi. Namun harus dicuci bersih dan proses memasaknya juga yang matang. 

"Jeroan yang terinfeksi oleh cacing hati akan menyebabkan, demam, mual dan diare bagi yang mengkonsumsinya. Itu gejala yang sering dirasakan," ujarnya. 

(anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: