Pemkot Siapkan 900 Kuota Bantuan JPE Bagi Pedagang

Pemkot Siapkan 900 Kuota Bantuan JPE Bagi Pedagang

radartasik.com, BANJAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar melalui Dinas KUKMP dan Industri menyiapkan sekitar 900 kuota bantuan jaringan pengaman ekonomi (JPE) bagi pedagang yang terdampak PPKM Darurat. Bantuanya berupa uang tunai sekitar Rp 1 juta per UMKM.


“UMKM atau pedagang yang terdampak PPKM Darurat nanti akan didata melalui paguyuban untuk mendapatkan bantuan JPE sebesar Rp 1 juta. Kuota jumlah penerimanya sekitar 900 orang atau UMKM,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas KUKMP Kota Banjar Tatang Nugraha, Jumat (16/7/2021).

Ia menjelaskan anggaran untuk JPE terbatas, sekitar Rp 1 miliar. Sehingga jumlah penerimanya pun kurang lebih 900 UMKM.

“Kecil karena anggaran kita sudah tipis kan. Nah dari Rp 1 miliar itu lebih kurang bagi 900 penerima, ada biaya lain seperti biaya ke kantor pos karena nanti pembagian bantuannya melalui kantor pos,” kata Tatang.

JPE sendiri, kata dia, diusulkan atas perintah wali kota karena banyaknya para pedagang yang tidak bisa berjualan akibat penerapan aturan PPKM Darurat. Ia berharap bantuan tersebut bisa meringankan pedagang yang terdampak meskipun nilainya jauh dari cukup.

“Soal besaran dan jumlah penerima itu menyesuaikan lagi ke kemampun anggaran daerah, karena JPE ini memang sumbernya dari APBD,” kata dia. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: