Atasi Kelangkaan, Muncul Wacana Impor Oksigen Medis

Atasi Kelangkaan, Muncul Wacana Impor Oksigen Medis

Radartasik.com, JAKARTA — Tingginya permintaan oksigen medis di tengah lonjakan kasus Covid-19 membuat pemerintah kewalahan. Dengan dasar itu, timbul wacana pemerintah untuk membuka kran impor oksigen medis untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.



Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Jodi Mahardi mengaku, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mempercepat pengadaan obat dan alat kesehatan selama pandemi.


“Kami menyadari ketersediaan oksigen terbatas, maka dari itu pemerintah akan mencari oksigen secara maksimal baik dari industri lokal maupun impor,” kata Jodi, dalam YouTube BNPB, dikutip Senin, (05/07/2021).


Untuk itu, Jodi meminta kepada masyarakat yang tidak mengalami situasi kritis akibat covid-19 untuk tidak membeli apalagi menimbun oksigen medis.


“Kebutuhan oksigen medis saat ini diprioritaskan untuk pasien covid-19,” ujarnya.


Jodi juga memastikan, bahwa penimbun oksigen medis dan obat covid-19 akan mendapatkan hukuman cepat atau lambat.


“Saya sampaikan hukuman pasti menanti bagi mereka yang mengeksploitasi masa darurat demi kepentingan pribadi,” tegasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: