Belasan Warga Jamanis Meninggal Terpapar Covid-19

Belasan Warga Jamanis Meninggal Terpapar Covid-19

RADARTASIK.COM, JAMANIS — Kasus penularan Covid-19 semakin tinggi, Puskesmas Jamanis mencatat puluhan warga di wilayahnya terkonfirmasi positif virus corona. Bahkan belasan di antaranya telah meninggal dunia. Hal ini menjadi kewaspadaan untuk selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan.


“Terdapat 36 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jamanis, sebanyak 11 orang di antaranya meninggal dunia,” ujar Kepala UPT Puskesmas Jamanis Hani Hariri SKep Ners M MKes saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Minggu (4/7/2021).

Hani mengungkapkan, kini warga sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Hal itu dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, untuk pasien yang meninggal di rumah, karena banyak masyarakat yang menolak ke rumah sakit (RS) takut diisolasi di RS, maka terjadi perburukan.

Di sumah sakit juga saat ini kondisinya cukup penuh. Pasien perburukan tidak bisa langsung masuk ke rumah sakit menyebabkan ada beberapa kematian pasien yang sedang isolasi mandiri.

“Pasien yang dirawat di rumah sakit pun cukup banyak, ada yang disertai penyakit penyerta sehingga memperberat penyakitnya. Juga banyak yang sudah perburukan atau gejala berat baru dibawa ke rumah sakit,” kata dia.

Hani mengungkapkan, PKM Mikro merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran Covid-19 dalam lingkungan RT. Selain itu, sangat penting dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Program ini cukup efektif mengatasi dan mencegah penularan Covid-19 karena menyentuh sampai tingkat pemerintahan paling bawah hingga tingkat RT,” tuturnya.

Ia mengimbau, warga diminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan stamina. Semua diminta agar tetap mengikuti protokol kesehatan, berupa membiasakan mencuci tangan dengan sabun setelah dan sesudah melakukan aktivitas. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: