Rachmawati, Putri Ideologis Sang Proklamator Berpulang

Rachmawati, Putri Ideologis Sang Proklamator Berpulang

Radartasik.com, JAKARTA - Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Kabar duka datang dari keluarga besar mendiang Presiden RI ke-1 Ir Soekarno. Putri ketiga Sang Proklamator Kemerdekaan tersebut, yaitu Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia Sabtu (03/07/2021) pagi sekira pukul 06.45 WIB.

Adik kandung dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu meninggal saat menjalani perawatan di RSPAD Gator Subroto, Jakarta Pusat. Kabar meninggalnya Rachmawati itu salah satunya disampaikan oleh Politikus Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.


“Berita duka, Innalilahi wa innaillaihi rojiun, Pada 3 Juli 2021, sekitar pukul 06.45 WIB, Telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD,” kata Sufmi, Sabtu (03/07/2021).


Hingga saat ini Rachmawati Soekarnoputri masih tercatat sebagai Dewan Pembina Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto. Pemilik nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno ini lahir pada 27 September 1950, buah perkawinan Ir Soekarno dengan Ibu Fatmawati.


Dari sejumlah anak dan Putri Bung Karno yang terjun ke dunia politik, Rachmawati dianggap yang paling mewarisi sifat ideologis Sang Proklamator. Khususnya dalam pembelaannya kepada wong cilik dan kemandirian bangsa dari ketergantungan kepada pihak asing.


Sementara itu salah satu bentuk kepedulian Rachmawati dalam dunia pendidikan adalah dengan mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) pada tahun 1981 dan di tahun 1983 mendirikan Universitas Bung Karno (UBK). Namun di era Orde Baru itu, UBK dilarang beroperasi. Dan baru berdiri kembali di tahun 1999 di era Presiden BJ Habibie.


Pada periode 2007-2009 Rachmawati sempat dipercaya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Pada tahun 2016 Rachmawati mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari Republik Rakyat Demokratik Korea atau Korea Utara. (bbs/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: