Bupati Lantik 73 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak

Bupati Lantik 73 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak

RADARTASIK.COM, SINGAPARNA - Sebanyak 73 kepala desa hasil Pilkades Serentak Tahun 2021 dan enam orang kades terpilih antar waktu di Kabupaten Tasikmalaya dilantik Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto di Pendopo Baru Singaparna, Senin (21/6/2021). Satu orang kades mengikuti pelantikan secara virtual karena positif Covid-19.


Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, atas nama pribadi keluarga, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mengucapkan selamat kepada kepala desa tepilih.

“Melalui sebuah pemilihan hanya syariat dan hakikatnya amanah dari Allah yang harus dipertanggungjawabkan. Kepala desa adalah simbol pemerintah. Kepala desa bukan hanya pemimpin dari pemerintahan tapi juga yang diandalkan masyarakat. Di bahu bapak ibu ini harapan masyarakat, persoalan masyarakat harus selesai,” ujarnya.

Ade meminta kades dapat selalu tertib administrasi dalam hal pengelolaan keuangan serta pembangunan di desa, sehingga diharapkan kesejahteraan masyarakat desa cepat tercapai.

“Semua harus dapat menciptakan suasana yang harmonis dengan perangkat desa, BPD, LPM, RT, RW, dan tokoh-tokoh masyarakat serta lembaga-lembaga desa lainnya,” kata dia.

Lanju Ade, upayakan untuk menciptakan suasana yang kondusif di desa masing-masing. Selanjutnya dalam hal ini pelayanan kepada masyarakat juga harus dapat bertindak seadil-adilnya sesuai dengan sumpah yang diucapkan.

Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen menyebutkan, memang dari puluhan yang dilantik ini ada dua persoalan usai pilkades serentak dilaksanakan. Namun, pihaknya sudah mengikuti aturan secara normatif. Nanti pada akhirnya akan diselesaikan di pengadilan.

“Kemarin waktu pilkades ada dua desa yang bermasalah. Semua sudah ditetapkan di desa, maka hari ini supaya ada kepastian kita kukuhkan. Kita taat aturan,” kata dia.

Dengan pelantikan ini, kata dia, diharapkan para kepala desa bisa langsung bekerja secara maksimal. Karena pemimpin yang paling dekat dengan rakyat adalah kepala desa.

Maka dari itu, lanjut dia, apalagi dengan kondisi Covid-19 saat ini diminta melakukan langkah-langkah untuk pencegahan atau penanganan dan memutus mata rantai penyebaran.

“Kita akan kuatkan lagi RT Siaga. Bupati sudah akan mengumpulkan tim untuk segera turun. Maka kepala desa yang dilantik untuk menguatkan langkah kita di lapangan,” ucapnya. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: