Mobil Ngulisik Tasik Dipake Swab Tes dan Tracing

Mobil Ngulisik Tasik Dipake Swab Tes dan Tracing

KOTA TASIK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya memanfaatkan mobil Ngulisik Tasik, wisata keliling bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai mobil tes swab PCR bagi masyarakat di perkampungan. 

Upaya jemput bola tracing ke masyarakat  ini, sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 yang terus meningkat dan wilayah ini dinyatakan darurat corona beberapa pekan terakhir ini. 

"Untuk percepatan tracing nanti kita akan turun ke lapangan melakukan tes PCR ke warga terutama di perkampungan," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasik, Uus Supangat kepada radartasik.com, Selasa (29/06/21) siang. 

"Kita sudah berkirim surat ke instansi terkait soal peminjaman mobil. Kebetulan di kita ada mobil Ngulisik Tasik, bantuan Pemprov Jabar. Nanti akan kita pakai untuk keliling, guna penguatan aspek tracing," sambungnya.

Terang dia, warga di perkampungan memang belum semuanya dilakukan tracing sehingga kemungkinan cepat penyebarannya. 

Apalagi, hampir seluruh kelurahan di Kota Tasikmalaya zona merah dan terdapat warga positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. 

"Sesuai dengan arahan Pak Plt Wali Kota bahwa masih ada warga positif Covid-19 yang tak taat protokol kesehatan malah berkeliaraan di kampungnya," terangnya.

Sementara itu untuk kasus positif di jajaran pegawai Pemkot Tasikmalaya, tambah Uus, masih ada 30 orang positif hasil tes PCR. 

Ditambah lagi 2 hari lalu terdapat 65 tenaga kesehatan yang positif klaster Puskesmas sesuai hasil tracing lanjutan.
 
"Makanya sempat ada beberapa Puskesmas yang dihentikan sementara layanannya untuk tracing. Tapi hanya sehari. Lalu sekarang aktif lagi," bebernya. 

Hal itu, tambah dia, menyusul Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, dinyatakan positif Covid-19 sepekan lalu. 

Kondisinya sampai sekarang masih menjalani isolasi mandiri dan tak ada gejala sedang ataupun berat. 

Sesuai data Gugus Tugas Covid-19 lewat publikasi Diskominfo Kota Tasik sampai Selasa (29/06/21), data kasus aktif Covid-19 di Kota Tasik yang aktif sebanyak 944 orang dengan total meninggal keseluruhan 227 orang sejak pandemi, dan di Juni ini paling tinggi kematian mencapai 100 orang. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: