Ajak Warga Lebih Waspada, Pemdes Kadipaten Bentuk KSB

Ajak Warga Lebih Waspada, Pemdes Kadipaten Bentuk KSB

KADIPATEN - Guna meningkatkan kapasitas masyarakat agar lebih siap siaga dalam menghadapi kerawanan kerentanan dan resiko bencana, Pemerintah Desa Kadipaten Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB), bertempat di Aula Kantor Desa, Minggu (27/06/22).

Cecep Agah Nagoya, Kepala Desa Kadipaten mengungkapkan, dengan diadakan kegiatan Kampung Siaga Bencana diharapkan meningkatkan kapasitas masyarakat lebih siap untuk menghadapi kerentanan dan resiko bencana.

Sehingga masyarakat dapat melakukan penanggulangan dengan tepat, cepat dan tanggap dengan semangat gotong-royong.

"Alhamdulillah dengan dibentuknya Kampung Siaga Bencana ini, sudah ada 35 relawan yang ikut andil untuk menjaga wilayahnya masing-masing. Dari jumlah tersebut, ada perwakilan dari setiap kedusunan. Rata-rata usia mereka masih muda dan semua cukup antusias," ujar Cecep kepada Radar di kantor Desa usai kegiatan pelatihan dan penyuluhan terkait Kampung Siaga Bencana.

Dengan dibentuknya Kampung Siaga Bencana ini, Cecep mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk membantu mengurus saudara-saudaranya yang ada di wilayah masing-masing ketika terjadi bencana. 

Maka dari itu, diperlukan koordinasi secara baik dan sinergitas secara baik antara warga di kampung. 

Antisipasi dini terhadap bencana itu, ujar Cecep merupakan sebuah keharusan. 

Dengan demikian, Ia mengaharapkan bahwa dengan adanya pelatihan kampung siaga bencana ini, dapat lahir generasi muda yang sigap terhadap bencana. 

"Tapi tentunya dalam hal ini, tidak hanya terpaku terhadap bancana alam saja. Melainkan terhadap bebcana non alam juga, seperti bencana sosial, bencana ekonomi bahkan bencana akhlak. Saya harap melalui kegiatan ini, dapat memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli dalam segala hal penanggulangan bencana," papar Cecep.

(radika robi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: