Polandia Umumkan Latihan Militer Besar Besaran

Polandia Umumkan Latihan Militer Besar Besaran

Radartasik, Polandia mengumumkan akan mengadakan latihan militer besar-besaran dan memperingatkan penduduk akan peningkatan lalu lintas kendaraan militer yang bergerak di seluruh negeri.

Latihan itu akan dimulai pada 1 Mei dan berlanjut hingga akhir bulan menurut militer Polandia: “Kendaraan militer akan ditemukan di jalan raya, jalan bebas hambatan, dan jalan nasional.”

“Peserta akan berlatih penerimaan dan penyebaran pasukan sekutu, mengkoordinasikan kegiatan lintas batas dan untuk bekerja sama dengan negara tuan rumah,” tambahnya, tanpa merinci "negara tuan rumah" mana yang sebenarnya mungkin terlibat dalam latihan tersebut.

Kendaraan militer yang berlatih akan bergerak di seluruh negeri terutama di malam hari untuk meminimalkan dampak pada lalu lintas sipil.

Namun beberapa manuver akan dilakukan pada siang hari menurut pihak militer dan mendesak warga Polandia untuk menghindarinya.

 “Kami mengimbau masyarakat, mari kita lindungi data, terutama dalam situasi saat ini. Tolong jangan mempublikasikan informasi dan foto yang menunjukkan pergerakan pasukan dan lokasi mereka, tanggal dan waktu perjalanan militer, atau data keberangkatan dan pendaratan pesawat militer,” lanjut pernyataan militer dan menambahkan bahwa menuangkan data tersebut ke web mungkin telah dampak negatif terhadap keamanan dan pertahanan negara.

Pengumuman latihan itu muncul setelah Direktur Badan Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR), Sergey Naryshkin menuduh Warsawa bersiap untuk menduduki bagian barat Ukraina yang dianggap Polandia sebagai miliknya secara historis.

Potensi penyatuan kembali Polandia dengan Ukraina barat akan dilakukan dengan kedok pengerahan misi pasukan penjaga perdamaian ke negara itu dengan dalih melindungi Kiev dari agresi Rusia tuduh Naryshkin.

Warsawa saat ini sedang merundingkan rincian operasi dengan pemerintah AS, dan itu akan dieksekusi tanpa mandat NATO.

Polandia juga mencari negara lain untuk menjadi sukarelawan dan mengambil bagian dalam serangan itu, tetapi sejauh ini gagal mendapatkan sekutu kata Sergey Naryshkin.

Selain itu dikabarkan intelijen Polandia dikatakan sedang mencari politisi Ukraina yang "dapat diandalkan" untuk membentuk penyeimbang pro-Warsawa terhadap nasionalis Ukraina.

Polandia dengan tegas berusaha untuk mencaplok bagian barat Ukraina, mereka menolak tuduhan Naryshkin dan menyebutnya sebagai operasi informasi melawan Polandia dan AS dengan maksud untuk menabur "ketidakpercayaan" antara Warsawa dan Kiev.

“Kebohongan tentang dugaan rencana Polandia untuk menyerang Ukraina barat telah diulang selama beberapa tahun. Kampanye ini terutama diintensifkan setelah dimulainya invasi Rusia ke Ukraina,” ungkap Stanislaw Zaryn, juru bicara Koordinator Layanan Khusus Menteri dikutip dari Russian Today.

Polandia telah menjadi salah satu pendukung utama Kiev di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina, menjadi pusat utama pengiriman persenjataan Barat untuk militer Ukraina.

Negara itu juga telah memasok peralatan militer era Soviet ke Kiev dari senjata persediaannya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today