Waduh, Sudah 25 Orang Terkonfirmasi Kena Varian Delta di Jabar

Waduh, Sudah 25 Orang Terkonfirmasi Kena Varian Delta di Jabar

Radartasik, BANDUNG β€” Sebanyak 25 warga Jawa Barat (Jabar) dikabarkan telah terkonfirmasi positif Covid-19 varian Delta asal India. Dari 25 orang yang terkonfirmasi positif virus varian Delta itu adalah warga Kabupaten Karawang, 1 orang berasal dari Sukabumi, Bekasi, Depok dan satu orang belum diketahui alamatnya.

Informasi tentang telah terpaparnya 25 warga Jabar oleh virus varian baru tersebut diperoleh setelah tim Litbangkes pusat mengumumkan uji sampel tes PCR pada Minggu (20/06/2021). Dalam keterangannya disebutkan puluhan orang tersebut terpapar virus varian Delta sesaat setelah libur Idul Fitri lalu.


Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat Daud Achmad ketika dikonfirmasi soal kabar tersebut membenarkannya. Bahkan, kata dia, Dinkes Jabar tengah melakukan tindakan lanjutan ke daerah itu.


β€œTim dinas kesehatan sedang ke Karawang untuk monitoring dan menindak lanjut informasi di lapangan,” tutur Daud, pada Senin(21/06/2021)


Terkait penemuan virus varian Delta di Jabar tersebut, dia meminta masyarakat harus mengetatkan protokol kesehatan. ''Jika tidak terpaksa melakukan aktivitas luar ruangan tetaplah di rumah. Sebab, virus corona varian Delta lebih mudah menular, disiplin 5M juga, harus lebih ditingkatkan,” ujarnya.


Langkah yang akan diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus di antaranya dengan melakukan tracing terhadap orang yang kontak erat dengan orang terpapar covid varian delta.


PPKM skala mikro di tingkat RT/RW, aturan PSBB lokal termasuk penutupan fasilitas umum rawan kerumunan harus ditegakan.


Selain itu, pemerintah akan kembali melakukan penyekatan dipintu keluar masuk ke kabupaten Karawang hingga mengundang ahli epidemologi sebagai penanganan lanjutan varian delta secara empiris dan saintus. (mg1/yan/jabeks/rc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: