Dr Aqua Dwipayana: Hati-Hati, Layani Warga Binaan, Harus dengan Hati

Jumat 28-05-2021,18:46 WIB
Reporter : agustiana

JAYAPURA - Semua warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan mestilah dilayani dengan mengedepankan nurani atau hati serta senantiasa hati-hati. 

Dengan demikian, setiap mereka yang menjalani hukuman di dalamnya akan terdorong untuk menyadari kesalahan mereka dan bertaubat agar tidak mengulangi hal serupa. 

Hal itu dipaparkan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua pada Selasa pagi (25/05/21) di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Provinsi Papua.  

Acara tersebut dihadiri puluhan pejabat Kanwil Kemenkumham Papua termasuk Kakanwil Anthonius M Ayorbaba. 

Sedangkan dari kantor pusat yang datang adalah Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Pemasyaraktan Abdul Aris. 

Dr Aqua membawakan materi berjudul "Menumbuhkan Etos Kerja Petugas Melalui Kemampuan Diri". 

Doktor jebolan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat tersebut menegaskan bahwa semua warga binaan yang masuk ke Lembaga Pemasyarakatan adalah orang yang bermasalah. 

Untuk itu seluruh petugas harus membantu menuntaskan masalahnya, minimal mengeleminirnya. 

"Semua warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan adalah saudara kita. Karena itu pendekatan kepada mereka harus dengan hati dan hati-hati. Selalulah menjadi pelayan yang baik. Melakukannya tanpa pamrih. Hanya mengharapkan ridho dan balasan dari Tuhan," ujar Dr Aqua yang efektif selama tiga hari di Papua melaksanakan Sharing  Komunikasi dan Motivasi sebanyak tujuh sesi. 

Menurut Dr Aqua, setiap pelayan itu pekerjaannya sangat mulia. Membantu orang banyak dan mencarikan solusi atas semua masalah yang ada. 

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu mengatakan, bahwa kehadirannya di Papua yang merupakan undangan Theo, panggilan akrab Anthonius M Ayorbaba, adalah untuk melayani seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Papua termasuk peserta Rakernis Pemasyarakatan dan para warga binaan. 

"Pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di Rakernis Pemasyarakatan ini saya merasa terhormat menjadi pelayan bapak-bapak dan ibu-ibu. Tidak banyak orang yang kualifikasinya Pakar Komunikasi dan Motivator mendapat kesempatan emas seperti saya ini. Makanya amanah yang diberikan Pak Theo harus saya optimalkan agar beliau yang memberi kepercayaan tidak kecewa," kata Dr Aqua dengan rendah hati. 

Selalu Melaksanakan 3K

Sebagai pelayanan, tambah Dr Aqua, di manapun bertugas harus memberikan layanan yang terbaik kepada orang yang dilayani. Sehingga mereka puas dan kesan positifnya mendalam sekali.  

Untuk menjalankan pelayanan yang baik, ungkap Dr Aqua, harus selalu melaksanakan 3K. Dengan begitu keberadaannya diterima lingkungan. 

Tags :
Kategori :

Terkait