Resmi! Wisata Alam Kawah Ijen Kembali di Buka

Selasa 10-09-2024,07:00 WIB
Reporter : Aisah
Editor : Andriansyah

RADARTASIK.COM - Wisata alam kawah Gunung Ijen, gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi yang berada Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, Indonesia.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 mdpl. 

Setelah periode penutupan sejak Juli 2024, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen kini kembali menyambut wisatawan mulai pada tangga 8 September 2024. 

Dengan ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut (mdpl), Kawah Ijen menawarkan keindahan alam yang memukau serta pengalaman untuk para pendaki yang melakukan pendakian yang menantang.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur mengonfirmasi bahwa Kawah Ijen dibuka kembali untuk umum pada 8 September 2024. 

Penutupan yang terjadi sejak Juli 2024 disebabkan oleh peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Ijen, namun kini situasi telah kembali normal. 

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung dengan Skywalk Cantigi

Keputusan untuk membuka kembali Kawah Ijen diambil setelah penurunan aktivitas vulkanik dari level II ke level I, yang menunjukkan kondisi yang lebih stabil dan aman bagi pengunjung.

Tujuan Pembukaan Kembali

Kepala Resort Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Sigit Hari Wibowo, menyatakan bahwa pembukaan kembali Kawah Ijen bertujuan untuk meningkatkan edukasi tentang alam dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. 

Dengan dibukanya Kawah Ijen, diharapkan akan ada peningkatan aktivitas wisata alam, pendakian, serta penelitian yang dapat memberikan manfaat ekonomi bagi komunitas lokal.

BACA JUGA:Wisata Alam di Bandung, Kawah Rengganis Ciwidey Relaksasi Mandi Asap, Lumpur dan Air Panas

Panduan untuk Pengunjung Kawah Ijen

Persiapan Pendakian di Kawah Ijen

Bagi para pendaki yang berencana akan melakukan pendakian di Kawah Ijen, penting untuk mematuhi standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Keamanan adalah prioritas utama.

Kategori :