Ternyata Pendaftaran CPNS Kemenag Baru Dibuka, Lulusan Ma’had Aly Bisa Daftar?

Senin 02-09-2024,08:01 WIB
Reporter : Ruslan
Editor : Ruslan

Kata dia, formasi ini khusus bagi pelamar yang merupakan lulusan berpredikat dengan pujian / cumlaude dengan jenjang pendidikan paling rendah S1, tidak termasuk D-IV.

Mereka merupakan lulusan perguruan tinggi dalam negeri terakreditasi A (Unggul) dan Program Studi terakreditasi A (Unggul) pada saat kelulusan.

Formasi ini diperuntukkan juga bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari kementerian terkait.

BACA JUGA: Pilkada Kabupaten Ciamis: Partai Politik Masih Bisa Daftarkan Calon Baru

Untuk formasi penyandang disabilitas disiapkan dengan ketentuan pelamar berkebutuhan khusus yang mengalami keterbatasan fisik dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah / puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

Pelamar harus menyertakan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar.

Pelamar formasi Putra / Putri Papua disyaratkan merupakan keturunan Papua berdasarkan garis keturunan bapak atau ibu asli Papua.

Pelamar harus membuktikan persyaratan tersebut dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir dan surat keterangan dari kepala desa / kepala suku setempat.

Untuk formasi Putra / Putri Kalimantan memenuhi ketentuan bahwa pelamar diperuntukkan bagi kebutuhan penempatan di IKN yang dibuktikan dengan KTP di Kabupaten Kota Kalimantan pada saat pembuatan akun di SSCASN.

Usia pelamar seleksi CPNS Kemenag paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar. Khusus untuk formasi dosen dengan kualifikasi pendidikan S-3 / doktor usia paling tinggi 40 tahun pada saat melamar.

Berikut ini adalah beberapa tanggal penting dalam tahapan seleksi CPNS Kemenag tahun 2024:

1. Pengumuman tanggal 31 Agustus - 14 September 2024

2. ⁠Pendaftaran tanggal 1 - 14 September 2024

3. ⁠Seleksi Administrasi tanggal 1 - 16 September 2024

4. ⁠Pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 17 September 2024

5. ⁠Pelaksanaan SKD CPNS, 16 Oktober - 14 November 2024

Kategori :