KAI Berikan Diskon Sewa Aset Selama Tiga Bulan, Layanan Pembayaran Semakin Mudah

Senin 02-09-2024,06:01 WIB
Reporter : Ruslan
Editor : Ruslan

Sementara transaksi di Kantor Pos atau bank, pembayaran dapat dilakukan dengan nominal tidak terbatas.

Dia berharap kebijakan baru ini dapat mempermudah mitra KAI dalam melakukan pembayaran tepat waktu.

Pendapatan Sektor Komersialisasi Non Angkutan Terus Meningkat

Dalam kurun tiga tahun terakhir, pendapatan KAI di sektor Komersialisasi non angkutan menunjukkan tren positif. 

Pendapatan KAI di sektor tersebut mencapai Rp 448,3 miliar pada tahun 2021. Di tahun selanjutnya, pendapatan sektor non angkutan meningkat menjadi Rp 653,7 miliar atau naik 45,8% dibanding tahun sebelumnya.

Angka pendapatan kembali mengalami peningkatan pada tahun 2023 menjadi Rp 700,4 miliar atau naik 7,1% dibanding dengan tahun sebelumnya.

Anne menerangkan kerja sama pemanfaatan aset di stasiun, masyarakat dapat memanfaatkan berbagai titik stasiun.

BACA JUGA: Dede Muksit Aly Absen Tes Kerohanian dan Psikologi Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, ini Alasannya

Misalnya, ruangan, bangunan, gedung, gudang dan tanah untuk lokasi promosi, minimarket, gudang, cafe, ATM dan sebagainya.

Dalam kerja sama pemanfaatan sarana, KAI menyediakan kereta makan, kereta wisata, entertainment on board, mesin perawatan jalan rel dan prasarana penunjang serta Jasa Balai Yasa / Dipo.

Sementara pemanfaatan ROW atau aset KAI yang berada di sepanjang jalur kereta api aktif antara lain penanaman fiber optik, pipa air, pipa gas dan pipa minyak.

Untuk non ROW atau aset KAI yang berada di luar wilayah stasiun dan ROW, aset-aset KAI dapat dimanfaatkan sebagai kantor, rumah makan, parkir, dan sebagainya.


Masyarakat dapat memanfaatkan aset milik PT KAI melalui skema kerja sama sewa.-KAI-

Aset lain KAI yang dapat dikerjasamakan berupa pemanfaatan museum, bangunan bersejarah, WiFi (advertising slot), kegiatan shooting / pemotretan, event / activation dan naming rights stasiun.

”Ini memberikan kesempatan kepada mitra yang ingin mem-branding stasiun yang KAI kelola dengan brand atau produknya,” ujar dia masih dalam keterangan tertulisnya. 

Dia menegaskan juga mengatakan hampir seluruh aset KAI dapat dimanfaatkan masyarakat dengan skema kerja sama. 

Ditandaskan bahwa prinsipnya pemanfaatan aset dapat dilakukan sepanjang tidak mengganggu operasional kereta dan tidak mengubah status kepemilikan pada aset yang dimanfaatkan.

Kategori :