Kampung Pengawasan Awasi Pilkada 2024 Kabupaten Ciamis Dilucurkan Bawaslu, ini Tujuannya

Selasa 16-07-2024,14:00 WIB
Reporter : Fatkhur Rizqi
Editor : Rezza Rizaldi

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Supaya Pilkada 2024 Kabupaten Ciamis berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, Bawaslu Kabupaten Ciamis terus gencarkan peningkatan pengawasan partisipatif dari masyarakat. 

Buktinya kini Bawaslu melakukan launching kampung pengawasan partisipatif di Kampung Bungur Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku. 

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Ciamis Wulan Sarifah membenarkan hal tersebut.

Kata dia, Pilkada 2024 Kabupaten Ciamis harus berjalan sukses tanpa ekses perlunya menggerakkan partisipasi masyarakat hingga di tingkat kampung dalam pengawasan Pilkada. 

BACA JUGA:Bobotoh Sesalkan Kepergian Ezra Walian dari Persib, Bakal Rindu Free Kick Indah Katanya

"Tujuan dan harapan output adanya kampung pengawasan partisipatif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilkada 2024,"katanya kepada Radar Tasikmalaya, kemarin Senin 15 Juli 2024. 

Oleh karenanya, terang dia, Bawaslu Kabupaten Ciamis melakukan peresmian kampung pengawasan partisipatif di Kampung Bungur Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku hari ini. 

Arahnya untuk memberikan pendidikan politik, kepemiluan, dan kelembagaan pengawas kepada masyarakat. 

"Role model 1 kampung ini sebagai percontohan tingkat kabupaten, dan satu menyusul kampung percontohan tingkat kecamatan. 

BACA JUGA:Mimpi Lamine Yamal di Euro 2024 Terwujud, Ini Perasaannya Setelah Dinobatkan Pemain Muda Terbaik

Itu sebagai bentuk pencegahan, agar Pilkada berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil," terangnya.

Dengan begitu, lanjutnya, dapat menciptakan kader dan tokoh penggerak pengawasan Pemilu dan atau pemilihan menciptakan model dan metode pengawasan yang efektif.

"Karena hal itu sesuai dengan situasi dan kondisi penyelenggaraan Pemilu 2024 yang sukses bebas ekses," jelasnya.

Kategori :