6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ramadhan, Apa Saja? Simak Sampai Selesai Ya

Sabtu 10-02-2024,22:00 WIB
Reporter : Denden Rusyadi
Editor : Usep Saeffulloh

2. Mempersiapkan Kesehatan Fisik dan Mental

Ibadah puasa di bulan Ramadhan menuntut kesehatan fisik dan mental. Karena di bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk melaksanakan berbagai macam amaliah ibadah, yang sangat disayangkan apabila ditinggalkan, mengingat pahalanya yang luar biasa. 

Oleh karena itu persiapan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik kita adalah dengan melakukan ikhtiar sederhana seperti berolahraga secara rutin, minum air putih yang banyak dan mengkonsumsi vitamin.

Adapun persiapan mental bisa dilakukan dengan terus menerus melatih ketulusan dan keikhlasan, baik dalam beribadah maupun dalam berhubungan dengan sesama manusia.

Hal lain yang bisa dilakulan adalah rajin melaksanakan shaum sunnah di bulan sya'ban, untuk mempersiapkan mental yang kuat ketika bulan ramadhan datang.

3. Melatih Diri untuk Menahan Hawa Nafsu

Mengendalikan diri dan menahan diri dari hawa nafsu sangat penting dilakukan, karena inti dari ibadah puasa adalah menahan diri.

Latihan menahan diri dari hawa nafsu bisa dilatih jauh sebelum bulan ramadhan tiba.

Semakin sering kita latih, maka akan semakin terbiasa dan pada akhirnya akan menjadi kebiasaan yang melekat pada diri kita.

4. Memerdalam Ilmu Agama 

Mempersiapkan diri dengan menambah ilmu mengenai hakikat puasa, keutamaan dan hukum-hukumnya adalah hal yang sangat dianjurkan.

Kegiatan tersebut bisa dilakukan sebelum datangnya bulan Ramadhan, baik itu mengikuti majelis ta'lim secara langsung, membaca buku maupun pengajian online

Hal ini bertujuan agar kita bisa melaksanakan ibadah shaum di bulan Ramadhan dengan optimal dan khusyu.

5. Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan Sekitar

Membersihkan rumah, dan bahkan lingkungan sekitar secara gotong royong merupakan salah satu tradisi menyambut bulan Ramadhan.

Tradisi yang baik ini perlu dijaga karena nilai manfaatnya yang tinggi.

Kategori :