Craftote: Gallery & Coffee di Kriyanusa 2023, UMKM Binaan BRI Ramah Lingkungan dengan Kualitas Ekspor

Jumat 15-09-2023,21:22 WIB
Editor : Ruslan

Craftote: Gallery & Coffee di Kriyanusa 2023, UMKM Binaan BRI Ramah Lingkungan dengan Kualitas Ekspor

JAKARTA, RADARTASIK.COM – ”Di awal berbisnis tak ada kepikiran untuk menjadi UMKM, tapi setelah ditantang pihak BRI, saya beranikan diri hingga akhirnya produk ini bisa diekspor,” singkat cerita dari seorang pelaku UMKM binaan BRI, Tio Siujinata.

Dengan bangga dia memajangkan hasil kerajinan tangannya di Pameran Kriyanusa 2023 pada 13 - 17 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Dengan nama usaha Craftote: Gallery & Coffee, Tio bersama tiga UMKM yang bergerak di bidang kerajinan tangan menampilkan karya menarik di booth BRI pada ajang yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tersebut.

BACA JUGA: YESS ADA Promo Saldo OVO Gratis Spesial Bagi Pengguna OVO Premier, Yuk Transaksi di Merchant Partner Ini

Tio menampilkan produk peralatan rumah tangga dengan konsep ramah lingkungan yang terbuat dari anyaman bambu dan kayu.

Tak hanya itu, pria yang telah merintis bisnis sejak 2021 lalu itu menyebut kerajinan tangannya merupakan usaha terpadu, sebab dia juga memamerkan produknya pada Coffee shop yang telah dirintis di tahun yang sama. Beberapa bulan bisnis berjalan, coffee shop miliknya didatangi pihak BRI.

”Dia kasih tantangan agar café saya bersedia dibina melalui Rumah BUMN BRI. Awalnya saya ragu, tapi katanya hanya bermodal konsisten saja dengan produk, dari situ kita siap,” ucapnya.

Singkat cerita, Tio merasa bersyukur dengan kesempatan itu, sebab di Rumah BUMN, dia mendapatkan pelatihan dan pengetahuan bisnis yang tak disangka sebelumnya.

BACA JUGA: Siap-Siap! Tarif Jalan Tol Belmera Naik Mulai 17 September 2023

Tio berkata, di awal merintis usaha dia sebatas mengetahui bahwa bisnis hanya persoalan membuat (produksi), menjual, dan mendapatkan untung (profit). 

Namun setelah mendapatkan pembinaan, dia menjadi paham hal-hal fundamental agar bisnis bertahan dan berkembang untuk jangka panjang.

”Di situ kita diajarin bagaimana branding, marketing, keuangan, bahkan pinjaman juga. Saya jadi terbuka, tadinya saya berpikir untuk bisnis pada umumnya, tetapi kita enggak mengerti ternyata ada business matching, ada incubator, kita ditemukan dengan sesama pelaku usaha, bagaimana treatment karyawan, bagaimana menggunakan media digital untuk sarana promosi,” lanjutnya.

Dengan bertambahnya pengetahuan dan keterampilan yang semakin mumpuni, Tio pun menciptakan produk yang menarik perhatian seorang distributor dengan target pembeli internasional.

BACA JUGA: MURAH BANGET, Ada Diskon Potongan Harga Bagi Pelanggan yang Belanja Pakai Saldo OVO Cash

Kategori :