Indahnya Curug Kembar Ciparay Cigalontang Tasik

Kamis 25-03-2021,16:00 WIB
Reporter : andriansyah

CIGALONTANG - Kabupaten Tasikmalaya memiliki semboyan Sukapura Ngadaun Ngora yang memiliki wisata alam air terjun spektakuler. Curug yang dimilikinya pun memiliki ciri khas dengan pemandangan yang  indah, sehingga menjadi kebanggaan warga Tasikmalaya.

Curug Ciparay berada di petak 48c Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Leuwisari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Singaparna, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya, secara administratif masuk wilayah Desa Parentas Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

Administratur Perhutani KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko menyampaikan, wisata Curug Ciparay selain suhunya yang sejuk, juga menyuguhkan pemandangan hijaunya hutan Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari yang terlihat jelas dari lokasi Curug Ciparay.

“Wisata tersebut merupakan salah satu andalan kebangggan warga Tasikmalaya. Bagi wisatawan yang hobi memotret jangan sampai melewatkan untuk mengabadikan eloknya pemandangan di sekitar air terjun,” ujarnya kepada Radar, Rabu (24/3/2021).

Benny mengatakan, bahwa Wisata Curug Ciparay memiliki dua curug dengan pesona alam yang sangat indah dan layak untuk dikunjungi, meskipun pancuran air terjun yang satunya lagi tidak sebesar volume yang sebelumnya. Tapi keindahannya tetap memukau.

Para pengunjung, kata dia, bisa berenang dan bermain di bawah air terjun. Selain itu ada sebuah kolam penampungan khusus yang bisa digunakan untuk berenang. Ia berpesan buat para wisatawan tetap hati-hati selama berada di lokasi wisata. “Berkembangnya Wisata Curug Ciparay diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa setempat, sekaligus masyarakat dapat turut menjaga dan melestarikan sumber daya hutan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Parentas yang juga sebagai ketua LMDH Gunungsiang Andi Ramdani mengatakan, Wisata Curug Ciparay memiliki dua curug bersebelahan, sehingga banyak juga wisatawan dan penduduk sekitar air terjun menyebutnya Curug Dua Ciparay atau Curug Kembar Ciparay. “Tidak cukup sampai di situ saja keistimewaannya, Curug Dua Ciparay juga memiliki ketinggian salah satu air terjun mencapai 80 meter dengan volume hempasan air sangat deras,” ucapnya.

Pengunjung Wisata Curug Ciparay bisa menemukan pesona alam yang masih natural, dengan sajian suara gemuruh khas air terjun, sangat cocok dijadikan lokasi untuk berwisata dan relaksasi, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata kebanggaan warga Tasikmalaya.

Menuju Curug Ciparay, kata dia, dari pusat Kota Tasikmalaya menempuh waktu sekitar dua jam dengan jarak sekitar 25 kilometer. Tapi, jika dari Garut-Singaparna, maka jarak tempuh hanya sekira 10 kilometer. “Sampai di lokasi pengunjung harus berjalan kaki dari pintu gerbang sekitar 600 meter dengan melewati jalan setapak khas pegunungan yang masih asri. Namun lelah akan terbayar dengan pemandangan dan udara yang segar,” kata dia, menambahkan. (obi)

Tags :
Kategori :

Terkait