Ceres Swasta

Rabu 11-01-2023,05:20 WIB

Buka disway jam 4 belum muncul catatan pak DI. Buka jam 4.30 juga belum ada. Akhirnya siang baru bisa buka. Mengapa persatuan kerajaan Melayu Nusantara kalah telak sama Prancis karena alut sistanya kalah. Dalam karangan PAT berjudul Arus Balik diceritakan secara detil kenapa kita kalah dengan penjajah itu. Salah satunya katena ada meriam. Meriam inilah yang menjadi alut sista modern nan canggih saat itu. Meriam dikenal dengan cetbong dalam kosakata kerajaan Majapahit dulu berasal dari penamaan orang kita terhadap alutsista tersebut. Meriam berasal dari kata Maria yang dalam pengucapan bahasa Melayu menjadi meriam. Begitulah sejarah kosakata meriam dalam buku Arus Balik. Majapahit bisa menguasai Nusantara karena punya alutsista canggih yang bernama cetbong (bola-bola api yang dilesakkan begitu kena sasaran langsung terbakar/kobong...cetbong =plecet kobong). Kalau mau maju harus punya senjata yang mematikan. Selama tidak punya senjata yang mematikan jangan harap menjadi penguasa. 

Johannes Kitono

Indonesia dan Malaysia sebagai bangsa serumpun punya musuh yang sama, Korupsi. Hanya tdak jelas negara mana yang lebih sopan atau canggih model korupsinya. Berobat dan makanan di sana murah. Di Kuching, Serawak harganya hampir 1/3 lebih murah dari Indonesia. Misalnya, untuk General Check up di Borneo Medical Center hanya RM.800,-atau sekitar Rp 2,6 juta saja. Harga tsb tidak berubah semenjak 5 a 6 tahun lalu. Silahkan bandingkan dengan RS di Jakarta. Kwetiaw Seroja per porsi di Mall TA Rp.62 ribu dan di Kuching hanya RM 5 atau Rp.20 ribu untuk kualitas yang sama. Apalagi Bak Kut Teh di resto Go Bun Kie yang mungkin paling enak di Malaysia. Harganya RM 11 dan silahkan banding dengan Song Fah di Jakarta. 5 tahun lalu pernah makan Bak Kut Teh di Tebedu ,selemparan batu dari Entikong dan dapat malu.Saking enaknya masing masing 3 mangkok langsung di lahap oleh kedua laki laki kembar yang sedang remaja.Penjual melongo dan ketawa.Dan ortu hanya mesem mesem saja dan bayar yang harganya 1 mangkok hanya RM 4 atau Rp.15 ribu. Di Jakarta saat itu sudah Rp.45 rb. Pemerintah harus segera meningkatkan pelayanan RS supaya setiap tahun Rp.100 Trilyun tidak jatuh ke RS di LN yang tidak ada kaitannya dengan Nasionalisme rakyat NKRI.

WIRA

Abah, tolong jangan berisik! nanti ada pihak yang klaim keturunan Sumatera, Jawa, Sulawesi yang sudah kawin mawin di Malaysia itu milik Indonesia pula, kan gawat kalo dideportasi ?!

HANVINCY ADNOV

yang sy tahu pengeroyok Portugis di selat Malaka yg armada terbesar adalah Kesultanan Demak dg tokoh2 utamanya seperti Pati Unus, Pangeran Sabrang Lor(Pangeran Surya) n Ratu Kalinyamat tapi sayang gagal, yg sy tahu penyebab kegagalan adalah kepal2nya terlalu besar sehingga dlm bermanuver di pertempuran laut melawan Portugis kurang lincah, kalau dlm sejarah kapal Portugis jauh lebih kecil kecil dari kapal2 Demak ibaratnya kapal induk(armada Demak) yg dikeroyok kapal destroyer(armada Portugis). Jadi seandainya kapal2 Demak tidak terlalu besar n lincah dlm bermanuver menurut sy dpt mengatasi meriam2 modern yg ada di kapal2 Portugis itu.

Jimmy Marta

Kawin mawin dg warga negara tetangga belum tentu enak. Berjodoh beranak pinak dan jd warga sana bikin resah. Saat pulkam rasa merantau. Gelisah diburu buru tenggat waktu visa. Beda dg berkawan mawan dg tetangga. Bersihin pekarangan boleh berlama2. Kerjanya betah karena bisa noleh2 tetangga yg murah senyum...

Mbah Mars

Murah di ongkos juga Om Jim. Saat seserahan tidak perlu nyewa mobil rental. Saat musim mudik tidak pening dengan anggaran.

Udin Salemo

Karena saya pernah tinggal di perbatasan Indonesia - Malaysia selama 1,5 tahun tki ini hal biasa. Banyak penduduk Kabupaten Sambas yang bekerja di daerah Sarawak jadi penglaju berkala. Setiap tiga bulan para tki ini akan pulang ke daerah asalnya melalui PLBN Aruk. Asal punya dokumen lengkap para tki ini aman-aman saja selama bekerja di negeri jiran. Kebanyakan tki ini bekerja di perkebunan sawit dan kilang. Para tki masuk ke Sarawak tidak melalui pjtki. Tapi dari informasi getok tular. Para tki ini langsung berhubungan dengan user. Selama yang saya lihat tidak ada masalah yang mereka hadapi ketika langsung mendapatkan kerja dari pemberi kerja. Masalah banyak timbul justru ketika para tki ini untuk mendapatkan kerja melalui pjtki yang nakal. Jadi pertama yang harus dibenahi tentu pjtki ini. Untuk menekan biaya siluman yang sering timbul sebaiknya semua pembayaran melalui digitalisasi. Pembayaran tilang sudah digitalisasi, lho. Hampir semua plbn dibenahi sejak jaman pak Jokowi. Karena kawasan pos lintas batas negara ini adalah halaman depan negara, maka sudah sewajarnya infrastruktur halaman depan dibuat sebagus mungkin. Maka jalan dari Aruk ke Sambas dibuat kualitasnya seperti jalan toll. Jarak tempuh dari Kota Sambas ke Aruk saat ini (2018) ditempuh lebih kurang dua jam. Dulu sebelum jalannya dibangun oleh pemerintahan Jokowi waktu tempuh dari Kota Sambas ke Aruk bisa seharian. Apalagi jika musim hujan bisa berhari-hari. Bangunan dan fasilitas plbn dibuat seperti bandara

yohanes hansi

Upaya menghidupkan kembali hubungan serumpun itu tidak gagal Abah. Mungkin faktor usia yang membuat Abah tidak tahu. Coba tonton Upin & Ipin. Di situ ada tokoh Indonesia dengan logat asli Indonesia di tengah-tengah logat kental Melayu. Di kalangan anak-anak berhasil, Abah. Abah sih gak pernah nonton..

Nimas

Kategori :