Mendidik Generasi Alpha Gemar Membaca Melalui Metode Read Aloud

Kamis 27-10-2022,09:10 WIB
Editor : Tina Agustina

7. Momen membangun bonding antara orang tua dan anak. 

Saat orang tua melakukan read aloud kepada anak, maka terbentuklah suatu aktivitas menyenangkan antara orang tua dengan anak yang akan diingat anak sebagai pengalaman yang dia sukai. Sehingga sang anak mengasosiasikan kegiatan membaca sebagai sesuatu yang menyenangkan, meninggalkan kesan baik sehingga diharapkan anak akan tumbuh sebagai anak yang mencintai buku dan kegiatan membaca.

Kegiatan read aloud ini sudah bisa dimulai sejak usia dini bahkan ketika janin masih di dalam kandungan. Untuk anak yang sudah bisa diajak komunikasi maka bisa memasukan kegiatan diskusi setelah melakukan read aloud. Tanyakan kepada anak perasaan mereka, ajukan pertanyaan seputar bacaan di dalam buku dan kaitkan dengan keseharian anak, sehingga kegiatan membaca buku tidak hanya menambah pengetahuan namun bersifat kontekstual dan relate dengan kehidupan dan lingkungan terdekat anak. Maka mulailah kebiasaan membacakan buku secara nyaring kepada anak-anak kita, karena mimpi besar dimulai dari langkah kecil. 

“Few children learn to love books by themselves. Someone has to lure them into the wonderful written word; someone has to lead the way.” 

Orville Prescott, A Father Reads to His Children.

Penulis: Karinta Utami, S.T. (Mahasiswi S2 PGSD UPI Kampus Tasikmalaya)

Kategori :