Oleh: Azrul Ananda
Waktu benar-benar berjalan cepat ya. Tidak terasa, perusahaan sports management yang saya prakarsai, DBL Indonesia, sudah berusia 18 tahun.
Rasanya baru kemarin "penanda lahir" itu diselenggarakan. Yaitu pada 4 Juli 2004, ketika saya dan beberapa perintis lain bertemu dengan puluhan pelatih/pengurus basket SMA se-Jawa Timur, membahas dan menetapkan regulasi liga SMA berkonsep student athlete tersebut.
Empat tahun kemudian, liga DBL itu (sekarang, saking populernya, kami anggap tanpa kepanjangan) mulai ekspansi ke wilayah lain di Indonesia. Dari 11 kota, ke 16 kota, dan kemudian mengembang di tiap provinsi, hingga akhirnya sebelum pandemi mencapai 30 kota dari Aceh sampai Papua.
Target kami adalah terus berkembang ke seluruh provinsi, kemudian terus mengembang di dalam provinsi tersebut. Sambil terus "memancing" gairah basket lokal di masing-masing daerah, supaya semakin banyak lagi kompetisi dan pertandingan di dalamnya.
Sambil jalan, sejak 2008, kami mulai memilihi pemain-pemain SMA terbaik. Awalnya, membentuk tim "All Star" –putra maupun putri— untuk berangkat ke Australia.
Lalu bergeser ke rumah asal basket ke Amerika. Sejak 2010 hingga 2020, kami konsisten menjalankan program kompetisi, camp, serta memberangkatkan All-Star ke Amerika.
Pada 2008, kami menjadi liga pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan NBA, menyelenggarakan event pertama liga paling bergengsi dunia tersebut di Indonesia.
Berbagai kolaborasi internasional lain berlangsung. Saya sampai lupa apa saja. Serta puluhan pemain NBA sudah membantu program kami di Indonesia. Saya sudah lupa siapa saja. Kecuali mungkin Danny Granger (yang pertama pada 2008), serta Kevin Martin, yang pada 2009 datang ke Surabaya sambil membawa neneknya yang begitu baik hati, Maxine. Anak kedua saya bernama Alesi Maxine Ananda. Nama tengahnya terinspirasi dari sang nenek pemain NBA.
Belum lagi upaya kami untuk mendorong pemakaian produk merek Indonesia. Mulai menggunakan bola buatan Indonesia (Proteam) sejak 2005, hingga membuat sepatu basket made in Indonesia yang berkualitas dan terjangkau.
Bahkan, salah satu varian terbaru sepatu itu (AD2 hasil kolaborasi DBL dan Ardiles) membantu mencatat sejarah, membantu Indonesia untuk kali pertama meraih medali emas basket putra di SEA Games 2022.
Pandemi menghentikan sejenak progres kami. Injak rem keras. Menahan diri dan menata diri. Sambil terus berpikir dan berinovasi supaya ketika pandemi berakhir –dan pasti akan berakhir— kita bisa melangkah lagi dengan mantap melanjutkan mimpi mengembangkan DBL ini ke semakin banyak wilayah di Indonesia.
Tahun 2021 adalah tahun eksperimen kami. Menyelenggarakan kompetisi di 22 kota praktis tanpa penonton (kecuali hanya di beberapa pertandingan di beberapa kota). Tapi memaksimalkan pengalaman kami menayangkan live streaming secara internal.