Kemenkes Sebut Varian Baru Covid-19 Asal Inggris Sudah Masuk di Indonesia

Selasa 02-03-2021,15:52 WIB
Reporter : radi

JAKARTA — Bertepatan dengan satu tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menyebut telah diketemukan kasus mutasi virus SARS-COV-2 dari Inggris di tanah air. Tercatat sudah ada 2 kasus ditemukan terkait varian virus dengan kode B117 UK itu.

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono dalam jumpa pers virtual, Selasa (2/3).

"Artinya apa? Artinya kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat," tegas Dante.

Varian baru dari Inggris itu diketahui dari 462 whole genome sequencing yang sudah dilakukan. Ini harus segera diantisipasi oleh pemerintah Indonesia.Diungkapkan Dante, penemuan varian baru Covid-19 itu berasal dari hasil penelitian terhadap 462 sampel atau whole genome sequencing di seluruh nusantara.

"Tantangan baru kita ke depan adalah untuk lebih mengembangkan riset yang semakin cepat, model penanganan yang lebih baik dan studi epidemiologis secara analitik. Karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” jelas Dante.

Berdasarkan informasi yang dihimpun radartasik.com, kendati mutasi varian virus dari Inggris ini dinilai lebih cepat menular dari orang ke orang. Namun begitu para ahli meyakini varian ini belum ada bukti nyata memperburuk kondisi seseorang. Hanya saja yang pasti akan membebani kapasitas rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR), jika varian baru ini cepat menyebar.

Soal penemuan adanya varian baru virus Covid-19 ini, sebelumnya Deputi 7 Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto pernah menyatakan bahwa ada dugaan masuknya varian baru virus corona (Covid-19) jenis D614G ke Indonesia sejak September 2020 lalu. Diduga virus itu ditemukan pertama kali di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Ada dugaan masuknya varian baru dari Covid-19 D614G yang terdeteksi awal September 2020 di Jogja dan Jawa Tengah," kata Wawan saat menyampaikan paparan dalam diskusi 1 Tahun Covid-19, Apa Kabar Vaksin Anak Bangsa yang digelar secara daring, Jumat (26/2).

Seperti halnya varian virus dengan kode B117 UK, virus D614G ini juga pertama kali di Inggris dan telah menyebar ke sejumlah negara. Varian varus baru ini pun disebut-sebut menular lebih cepat kepada orang lain. (bbs/red)  
Tags :
Kategori :

Terkait