Diteror Pendukung Senegal, Mesir Gagal Lolos ke Piala Dunia

Rabu 30-03-2022,11:20 WIB
Reporter : Achmad faisal

Radartasik.com, Mesir mengeluh mereka mengalami serangan bus dan menuduh Mohamed Salah menghadapi pelecehan rasis sebelum kekalahan play-off Piala Dunia 0-1 lawan Senegal (aggregat 3-1 melalui adu pinalti).

Protes datang sebelum kick-off di Stade Abdoulaye Wade, di mana Senegal membalas kekalahan 1-0 pada leg pertama dengan kemenangan dengan selisih gol yang sama, sebelum memenangkan adu penalti yang kontroversial.

Ketika sampai pada tendangan penalti, para pemain Mesir diserang oleh sinar laser oleh penggemar tuan rumah, gangguan itu berhasil, karena tiga pemain Mesir termasuk pemain Liverpool Mohamed Salah gagal melakukan tendangan pinalti.

Hasilnya Senegal menang 3-1 dalam adu penalti, dengan rekan satu klub Salah, Sadio Mane mencetak gol kemenangan.

Teroro bagi Mesir terjadi sebelum pertandingan dimulai, gambar-gambar yang diposting oleh asosiasi sepak bola nasional mereka yang menunjukkan bahwa bus tim telah terkena lemparan dalam perjalanan menuju ke stadion, yang terletak tidak jauh dari Dakar.

Satu jendela pecah, sementara bukti yang diposting di media sosial oleh otoritas Mesir menunjukkan kaca depan yang retak dan batu yang dilemparkan masuk ke dalam kendaraan.

FA Mesir (EFA) juga memasang gambar dari dalam stadion dengan spanduk bertuliskan "F*** YOU SALAH".

EFA mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Mesir mengajukan keluhan resmi terhadap Senegal karena serangan dan spanduk rasis.”

"Tim Mesir menjadi sasaran rasisme setelah spanduk ofensif muncul di tribun stadion untuk para pemain, khususnya Mohamed Salah, pemimpin tim. Ini didokumentasikan dengan gambar dan video yang dilampirkan pada pengaduan," lanjut pernyataan tersebut.

Media Mesir mengatakan pengaduan telah diajukan ke CAF, konfederasi Afrika dan FIFA.

Sementara fans Nigeria ngamuk lalu menyerbu lapangan setelah tim mereka kalah agregat dari Ghana

Pemain Arsenal Thomas Partey membuka skor pada menit ke-10 untuk Ghana, sebelum William Troost-Ekong menyamakan kedudukan dari titik penalti untuk tuan rumah di pertengahan babak pertama.

Ghana asuhan Otto Addo bertahan untuk mendapat hasil imbang 1-1 dan memastikan maju ke Qatar 2022 melalui aturan gol tandang setelah bermain imbang 0-0 di leg pertama.

Hasilnya memicu adegan buruk di dalam stadion, dengan video di media sosial menunjukkan para pendukung meninggalkan kursi mereka dan menghancurkan peralatan di sisi lapangan.

Ada drama akhir yang menakjubkan di Bilda ketika Karl Toko Ekambi mencetak gol di akhir perpanjangan waktu untuk memastikan kemenangan 2-1 bagi tim tamu Kamerun melawan Aljazair, The Indomitable Lions melaju ke Qatar melalui aturan gol tandang dengan agregat 2-2.

Maroko juga memastikan tempat mereka di Piala Dunia dengan kemenangan 4-1 atas Republik Demokratik Kongo. 

Tags :
Kategori :

Terkait