Korban Berjatuhan di Jalan Tasik-Singaparna, Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Kajian

Sabtu 29-01-2022,11:00 WIB
Reporter : Usep Saeffulloh

Radartasik.com,  TASIK — Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya tengah mengkaji dan menganalisa Jalan Tasik-Singaparna, terutama di Cintaraja, yang rawan kecelakaan lalu lintas.

Pengkajian lalu lintas di jalur, yang menjadi penghubung Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya itu, untuk memastikan rambu-rambu yang cocok di jalan tersebut.

Terlebih, di jalur Tasik-Singaparna kerap terjadi kecelakaan yang menyebabkan korbannya meninggal dunia dan luka-luka. 

Kepala Bidang Angkutan pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya,  Korban Berjatuhan di Jalan Tasik-Singaparna, Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Kajian

S.Sos, MSi mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan kajian kenapa sering terjadinya laka lantas di Jalan Raya Tasik-Singaparna (Cintaraja) tersebut. 

Dengan kajian tersebut, kata Ruslan Munawar, nantinya baru akan bisa ditentukan rambu-rambu yang cocok di lokasi tersebut. 

"Saat ini sedang kita kaji, kemarin memang sudah ada perintah dari Pak Kepala Dinas (Perhubungan, Komunikasi dan Informatika)," kata Ruslan Munawar kepada radartask.com, Sabtu (29/1/2022).

Pengkajian Jalur Tasik-Singaparna, kata Ruslan Munawar, dilakukan oleh ahli transportasi darat, yang memang memiliki kompetensi dalam hal tersebut. 

"Kami sedang mempersiapkan segala sesuatunya dalam keperluan analisa," kata Ruslan Munawar menjelaskan.

Menurut Ruslan Munawar, untuk penentuan apakah Jalan Tasik-Singaparna akan dipasang marka kejut atau hanya rambu-rambu peringatan rawan kecelakaan, itu semua menunggu hasil kajian nanti. 

"Nanti untuk hasil rambu-rambu jenis apa akan segera diinformasikan, mudah-mudahan saja bisa cepat selesai kajiannya," kata dia.

Setuju Dipasangi Marka Kejut
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya setuju dengan usulan Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya yang akan memasang marka kejut di Jalan Tasik-Singaparna.

DPRD Kabupaten Tasikmalaya juga meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya untuk melengkapi berbagai rambu lalu lintas di sepanjang jalan di Kabupaten Tasikmalaya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ami Fahmi setuju dengan rencana pemasangan marka kejut dan rambu-rambu lalu lintas di Jalan Tasik-Singaparna

"Setuju untuk rambu-rambu itu, silahkan saja dikaji oleh Dinas Perhubungan," ujar H Ami Fahmi saat diwawancara radartasik.com melalui sambungan telepon, Jumat (28/1/2022).

Tentunya, pemasangan marka kejut, kata Ami Fahmi, merupakan langkah mengurangi kecepatan pengendara, khususnya di lokasi yang rawan kecelakaan seperti Cintaraja

Tags :
Kategori :

Terkait