Bek Persib Mirip Dennis Bergkamp, Fobia Naik Pesawat

Rabu 05-01-2022,01:00 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com,  BANDUNG — Bek muda Persib Bandung Kakang Rudianto memiliki fobia naik pesawat terbang. Kondisi ini mirip dengan bomber Timnas Belanda Dennis Bergkamp.

Dilansir Persib.co.id, Kakang mengatakan rasa takut itu selalu hadir ketika akan melakukan penerbangan. Perasaan itu selalu muncul saat pertama kali melakukan perjalanan udara.

Padahal, bintang Garuda Select ini bukan kali pertama naik pesawat. Ia sudah mengunjungi berbagai negara dengan menggunakan pesawat. Bahkan, Kapten Tim Nasional U-18 Indonesia baru menjalani pemusatan latihan di Turki.

”Tidak tahu juga, setiap mau terbang pasti seperti ini, lemas, takut naik pesawat,” ungkap pemain yang baru kembali ke Pangeran Biru usai membela Persib U-18 dalam ajang Elite Pro Academy.

Ketika akan terbang bersama rombongan Persib ke Bali untuk mengarungi seri keempat dan lima Liga 1 musim 2021/2022, Kakang kembali merasakan takut. Sehingga, Kakang tampak lesu. Ia bersandar ke kursi dengan wajah cemas.

Begitu juga di dalam pesawat. Menempati bangku di samping jendela, pemain jangkung asal Cianjur tersebut mencoba tidak melihat ke luar. Ia memiliki membalikkan badan. Posisi duduk menyamping hampir di sepanjang penerbangan.

Kondisi yang dialami Kakang mirip dengan yang dirasakan Dennis Bergkamp. Dilansir Ligalaga.id dari buku Stillness and Speed Bergkamp, mengisahkan awal mula rasa takutnya muncul ketika berada di pesawat terbang.

Saat itu, ia masih berusia muda dan memperkuat Ajax Amsterdam. Pesawat yang ia tumpangi tersebut melintasi Gunung Etna di kawasan Catania, Italia.

Pesawat masuk dalam gumpalan awan yang membuat Bergkamp tidak bisa melihat apa pun. Guncangan yang kuat membuat tubuhnya gemetar.

”Saya tahu terbang seperti apa. Saya sudah berkali-kali merasakannya di pesawat besar, kecil, atau yang lebih kecil lagi,” ungkap pemain Arsenal itu.

”Bersama Ajax, saya pernah terbang dengan pesawat kecil di atas Gunung Etna dekat Napoli dan ketika masuk ke sebuah kantong udara, segalanya menjadi mengerikan. Saya telah melihat semuanya dalam hal terbang, dan saya tidak mau terbang lagi,” kata Bergkamp. (lan)
Tags :
Kategori :

Terkait