547 Personel Amankan Nataru

Jumat 24-12-2021,14:00 WIB
Reporter : andriansyah

radartasik.com, BUNGURSARI — Sebanyak 547 personel gabungan, terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan lain sebagainya. Disiapkan untuk pengamanan perayaan natal dan tahun baru beberapa hari ke depan. Mengantisipasi terjadinya kerumunan massa, terutama di malam pergantian tahun.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Aszhari Kurniawan menjelaskan pihaknya bakal melakukan penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas menuju pusat kota. Mencegah timbulnya kerumunan orang di pusat kota dan fasilitas publik, seperti taman kota dan spot lain yang bisa memicu kumpulan masyarakat. 

“Pengalihan arus lalin ini untuk meminimalisir kerumunan massa saat malam tahun baru,” ujar Aszhari seusai apel gelar pasukan pengamanan Nataru di halaman Mapolres Tasikmalaya Kota, Kamis (23/12/2021).

Menurut dia, gereja dan rumah ibadah yang ada di wilayah hukum Polres Tasikmalaya meliputi sebagian wilayah Kabupaten Tasikmalaya pun, akan dijaga petugas gabungan. Memastikan terciptanya situasi kamtibmas kondusif. “Setiap gereja dan rumah ibadah akan dijaga. Operasi Lilin Lodaya 2021 ini dimulai dari 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022,” tuturnya.

Pihaknya juga membuat posko terpadu di Lingkar Gentong yang merupakan jalur Selatan di Jawa Barat.

Di posko terpadu tersebut diisi oleh petugas gabungan dan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya. 

“Kita siapkan juga ambulans di posko terpadu. Kita tidak lakukan penyekatan hanya cek poin saja,” kata Aszhari.

Dia menambahkan tugas utama dalam Operasi Lilin Lodaya tahun ini mengamankan situasi kamtibmas, serta mengantisipasi penyebaran covid-19. Sebab, operasi masih dalam situasi pandemi Covid-19, yang dikhawatirkan membuat masyarakat jenuh. “Tetap waspada serta memaksimalkan kesiapan dan kehadiran anggota di tengah masyarakat,” tegasnya. (igi)

Tags :
Kategori :

Terkait