Goodbye Terusan BCA, Pemkot Cabut Plang Nama Jalan

Rabu 15-12-2021,08:00 WIB
Reporter : andriansyah

radartasik.com, CIHIDEUNG — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya sudah mencabut papan nama Jalan Terusan BCA. Kini nama jalan tersebut, tinggal menunggu nama baru dari Pemkot Tasikmalaya.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Tasikmalaya Gumilar mengatakan pihaknya sudah mendapat instruksi pembongkaran papan nama jalan pada hari Senin (13/12/2021). 

Petugas pun langsung diturunkan untuk mencabut papan jalan tersebut. “Sudah kemarin (Senin, Red) kita cabut papan nama jalannya,” ungkapnya kepada Radar Tasikmalaya, Selasa (14/12/2021).

Pada prinsipnya, jalan tersebut memang belum memiliki nama resmi. Sehingga, jika memang diperlukan, Dishub bisa mencabut kapan saja.

Untuk beberapa jalan yang belum memiliki nama resmi lainnya, kata Gumilar, rencananya dilakukan hal serupa. Namun, pihaknya juga melihat perkembangan situasi di lapangan. “Nanti kita lakukan bertahap,” ucapnya.

Untuk sementara, Dishub akan membiarkan jalan tersebut tanpa papan nama. Pihaknya menunggu penamaan secara resmi dari Pemkot Tasikmalaya. “Kalau sudah ada nama baru yang resmi, kita akan pasang papan nama yang baru,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Tasikmalaya berencana membahas penamaan jalan di Kota Tasikmalaya. Salah satunya mencari nama baru Jalan Terusan BCA sebagai jalur penghubung Jalan Paseh dan HZ Mustofa.

Salah seorang pengguna jalan, Dina Oktavia (28) mengatakan bahwa papan nama jalan Terusan BCA memang perlu dicabut. Terlebih jika memang bukan nama resmi dari pemerintah.

“Kalau namanya belum resmi ya memang lebih baik dicabut, agak aneh juga pakai nama perusahaan,” ungkapnya.

Akan tetapi, menurut dia, pemkot harus secepatnya menamai jalan tersebut. Meskipun dari sudut pandang pengguna jalan tidak ada masalah apa pun. “Karena saya orang Tasik jadi enggak masalah, tapi mungkin akan bingung kalau orang dari luar kota,” ucapnya.

Wali Kota Tasikmalaya H M Yusuf mengakui Jalan Terusan BCA memang harus diganti. Pihaknya pun siap untuk menggantinya dengan nama baru yang bernilai historis.

“Ya, saya akan bahas itu (penamaan jalan),” ungkapnya usai menghadiri pelantikan pengurus SOKSI Kota Tasikmalaya di aula DPRD Kota Tasikmalaya.

Disinggung kapan penamaan jalan itu akan dituntaskan, H Yusuf belum bisa memastikannya. Namun, menurutnya, hal tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama.

Diharapkan, awal tahun sudah bisa dilakukan. “Saya kira tidak akan lama, dalam satu bulan ke depan akan kita bahas,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, penggantian nama jalan Terusan BCA dengan penerbitan peraturan wali kota (perwalkot) semestinya tidak membutuhkan waktu lama. Penggunaan di luar nama tokoh dianggap bisa lebih sederhana dan tidak berisiko.

Ketua Komisi I sekaligus Ketua Bapemperda DPRD Kota Tasikmalaya H Dodo Rosada mengatakan penggantian nama jalan seharusnya bisa dilakukan cepat. Pasalnya, Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf sudah menyatakan kesiapannya.

Tags :
Kategori :

Terkait