Polisi Tangkap Joseph Suryadi, Pria yang Diduga Hina Nabi Muhammad, Berdalih Ponselnya Hilang

Selasa 14-12-2021,21:20 WIB
Reporter : radi

Radartasik.com JAKARTA - Tak butuh lama setelah unggahannya yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW viral di media sosial, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya langsung menangkap Joseph Suryadi (JS).

Saat ini Joseph masih diperiksa intensif oleh penyidik Polda Metro Jaya. “Saya belum bisa ambil statement dulu, tunggu hasil pemeriksaan selesai,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi E. Zulpan kepada wartawan, Selasa 14 Desember 2021.

Zulpan menyebut kalau Joseph sempat membantah telah mengunggah karikatur Nabi Muhammad SAW yang dikaitkan dengan kasus pemerkosaan yang dilakukan Herry Wirawan (HW). Alasannya, telepon genggam miliknya telah hilang.

“Iya katanya gitu (handphonenya hilang). Makanya nanti kalau sudah selesai diperiksa sama tim siber polda, nanti baru bisa diambil keterangan ya. Sekarang belum tuntas,” kata dia lagi.

Sementara itu menurut anggota Binmas Polsek Tanjung Duren Ipda Sunarno bahwa alamat yang di cantumkan netizen di twitter bukan rumah Josep Suryadi. Melainkan, itu adalah rumah dari kakak Joseph.

“Iya alamat kakak korban, yang ramai di Twitter itu yang tinggal di Tangerang,” ujar Sunarno di temui wartawan di lokasi, Selasa (14/12/2021). 

Joseph Suryadi Lapor Polisi

Ipda Sunarno pun mengungkapkan jika Joseph Suryadi sudah membuat laporan kehilangan ponselnya ke polisi begitu heboh tagar terkait dirinya. 

“Dari info yang dapat, tadi itu kakaknya pagi tadi udah ke Polsek Tanjung Duren melaporkan dan sama dia juga bahwa HP yang bersangkutan itu hilang sejak Hari Kamis (09/12/2021) lalu,” kata Sunarno.

Sunarno menyebut, postingan yang kemudian membuat Joseph Suryadi menjadi tertuduh pelaku penistaan agama ini terjadi setelah ponsel tersebut hilang. 

“Nah begitu hilang itulah akhirnya digunakan untuk itu. Begitu hilang karena ini masalah IT dan dia udah datang ke Polsek akhirnya kita arahkan ke Polda Metro Jaya untuk melaporkan HP-nya ilang itu. Dengan HP-nya ilang itu kan akhirnya di pake untuk begitu (posting penghinaan nabi-red) gitu loh,” jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, pagi tadi media sosial Twitter diramaikan oleh tagar atau hastag #TangkapJosephSuryadi.

Gara-garanya pria tersebut diduga mengunggah karikatur yang menghina Nabi Muhammad SAW dengan mengkaitkan kasus pemerkosa belasan santriwati yang dilakukan Herry Wirawan (HW). 

Sementara itu berdasarkan tangkapan gambar yang beredar di media sosial terlihat sebuah ilustrasi gambar atau karikatur yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW. Karikatur itu memperlihatkan sosok pria dewasa dengan  perempuan berkerudung dengan diberi keterangan teks yang menyamakan Nabi Muhammad dengan oknum guru ngaji cabul, Herry Wirawan. 

Tak hanya itu dalam unggahannya JS juga membawa-bawa nama istri Nabi Muhammad, Aisyah, dengan sejumlah kata-kata tak pantas dan dianggap menghina istri nabi tersebut.

Tags :
Kategori :

Terkait