Kementrian PUPR Tawarkan Proyek Tol Akses dan Hunian di IKN ke Delegasi Turki

Selasa 14-12-2021,12:20 WIB
Reporter : radi

Radartasik.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan Kementerian PUPR menawarkan proyek jalan tol akses dan hunian di kawasan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan kepada delegasi Turki.

Menurut keterangan resmi Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan seperti dikutip dari akun resmi Instagram @pupr_pembiayaan di Jakarta, sebenarnya terdapat beberapa proyek yang akan ditawarkan. Diantaranya 2 proyek sektor jalan tol yaitu bagian dari ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Jambi—Rengat (Perbatasan Jambi—Rengat) dan beberapa ruas Rengat—Pekanbaru (Pekanbaru—Siak) dengan total panjang 282,7 km.

Selain itu, proyek Jalan Tol Akses IKN ruas Seksi III dan IV sepanjang 33,76 km. Proyek lainnya adalah proyek sektor perumahan yaitu proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) Perumahan KPPIP-IKN Zona 1A.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna menerima Kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal beserta Delegasi Turki. Antara lain Group CFO ERG İnşaat Ticaret ve Sanayi Ali Koray Erden, General Manager ERG İnşaat Ticaret ve Sanayi Mr. Ali Riza Bayraktaroğlu, dan Deputy General Manager of Business Development at DORCE Ltd Geldimurat Annageldiyev.

”Pertemuan ini merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono beserta Pejabat Kementerian PUPR ke Turki beberapa waktu lalu, dalam rangka penjajakan kerja sama pembangunan infrastruktur antara Indonesia dan Turki,” ujar Herry Trisaputra Zuna seperti dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan, rangkaian kegiatan kunjungan Delegasi Turki di Indonesia diawali dengan pertemuan dengan Menteri PUPR. Kemudian dilanjutkan dengan Business Forum membahas detail proyek yang akan ditawarkan kepada pihak Turki.

”Selanjutnya akan dilakukan kunjungan lapangan ke lokasi Proyek JTTS,” terang Herry Trisaputra Zuna.

Dalam kesempatan tersebut Dirjen Pembiayaan Infrastruktur menyampaikan apresiasi kepada Dubes Indonesia untuk Turki atas insiasi terhadap pertemuan tersebut. Diharapkan akan adanya hasil konkret yang dapat disepakati kedua belah pihak.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendorong para investor Turki untuk berinvestasi di berbagai sektor infrastruktur baik melalui skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) maupun Engineering, Procurement, Construction (EPC).

Menteri Basuki juga telah memberikan penilaian yang baik kepada Turki untuk keberhasilan membangun Ibu Kota Ankara. (antara/jpc)

Tags :
Kategori :

Terkait