Waduh! Akun YouTube BNPB Dibajak, Berganti Jadi Akun Ethereum 2.0

Kamis 09-12-2021,18:15 WIB
Reporter : radi

Radartasik.com, JAKARTA — Aksi pembajakan akun media sosial milik lembaga pemerintah kembali terjadi.  Kali ini korbannya akun Youtube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia. 

Oleh pembajaknya akun Youtube milik lembaga negara yang bertugas dalam penanggulangan bencana itu diganti namanya menjadi "Ethereum 2.0" dari sebelumnya "BNPB Indonesia."

Hingga berita ini tulis Kamis (09/12/2021) pukul 18.00 WIB, kanal tersebut belum sepenuhnya pulih dan masih beranama Ethereum 2.0.  Sejauh ini, video-video di playlist BNPB juga belum ada yang hilang atau dihapus.

Adapun, video terakhir yang diunggah di kanal tersebut adalah konferensi pers dengan media internasional terkait Covid-19, oleh Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, pada Selasa 7 Desember lalu.

Mengutip Ethereum.org, Ethereum 2.0 atau Eth2 sendiri mengacu pada serangkaian peningkatan yang saling berhubungan, yang akan membuat Ethereum lebih terukur, aman, dan berkelanjutan. Peningkatan ini sedang dibangun oleh banyak tim dari seluruh ekosistem Ethereum. 

Sementara itu melalui pesan singkat pada Kamis (9/12/2021), Humas BNPB mengatakan saat ini mereka sedang berupaya untuk memulihkan kanal YouTube BPNB tersebut.

"Izin bapak/ibu betul kami kena hack, saat ini kami sedang proses pulihkan akunnya," tulis informasi yang disampaikan Humas BNPB tersebut.

Kejadian pembejakan serupa sebelumnya juga terjadi pada akun YouTube komedian Sule, yaitu Sule Channel. Pada Senin (60/12/2021) awal pekan ini, akun YouTube komedian yang sebelumnya bernama Sule Channel itu sudah berganti nama menjadi MicroStrategy INC.  (liputan6/bbs)

Tags :
Kategori :

Terkait