Tanpa Ampun, Munchen Singkirkan Barcelona dari Liga Champions

Kamis 09-12-2021,09:37 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com,  MUNCHEN — Bayern Munchen menyingkirkan Barcelona dari Liga Champions musim 2021/2022. Tanpa ampun, Munchen menggasak Barcelona dengan skor telak 3-0 pada matchday terakhir fase grup di Allianz Arena, Kamis (9/12/2021) dini hari WIB.

Sejatinya, Barcelona yang tampil menyerang membuka ancaman lewat sepakan jarak jauh Jordi Alba pada menit ke-6. Namun, kiper Munchen Manuel Neuer masih sigap mengamankan bola.

Tim tamu yang mengincar kemenangan tidak punya pilihan selain menyerang. Barcelona kembali mendapat peluang menit ke-28 lewat aksi Ousmane Dembele. Winger Prancis itu menyambar umpan matang Memphis Depay. Namun, upayanya tak membuahkan hasil karena bola melambung jauh.

Munchen selaku tuan rumah tidak mau tinggal diam. Pasukan Julian Nagelsmann balik mengancam menit ke-32. Umpan Kingsley Coman di sisi kanan pertahanan Barcelona disambut sundulan Jamal Musiala. Sayang, bola terlalu lemah sehingga mudah diamankan kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Terus mengurung pertahanan Barcelona, Munchen akhirnya membuka keran gol menit ke-32. Robert Lewandowski yang lepas dari kawalan Pique melancarkan umpan terukur. Kemudian, Bola disambut dengan sundulan Thomas Muller yang menggetarkan jala Barcelona. Gol! Munchen unggul 1-0.

Itu jadi gol ke-50 bagi Muller di ajang Liga Champions. Dia jadi pemain Jerman pertama yang mencapai angka tersebut.

Tiga menit menjelang bubaran, Munchen menggandakan keunggulan setelah sepakan Leroy Sane tak mampu dibendung Ter Stegen. Munchen memimpin 2-0. Skor tersebut ternyata bertahan hingga turun minum. 

Memasuki paruh kedua, Barcelona bermain dibawah tekanan Munchen. Bahkan, tuan rumah menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat gol yang dicetak Jamal Musiala setelah memaksimalkan umpan manis Alphonso Davies.

Setelah gol itu, Barcelona semakin sulit mengembangkan permainan. Hingga menit ke-80, belum ada peluang berbahaya yang diciptakan klub asuhan Xavi Hernandez.

Sebaliknya, Munchen yang nyaris menambah keunggulan pada menit ke-87 andai sepakan Sane tidak melambung jauh.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 3-0 keunggulan Munchen atas Barcelona tetap bertahan.

Dengan hasil ini, Barcelona harus tersingkir lebih awal dari Liga Champions karena tertinggal satu poin dari Benfica yang menempati posisi kedua Grup E. Klub Portugal itu pada laga terakhir tampil ciamik dengan membungkam Dynamo Kyiv 2-0.

Munchen keluar sebagai juara Grup E setelah menyapu bersih enam laga fase grup dengan kemenangan. Bagi Barcelona, ini kali ke-4 dalam sejarahnya tersingkir di babak grup Liga Champions. Pertama kali Barcelona mencatatkan rapor minor itu terjadi pada 2001/2002.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez. Foto: UEFA

Tags :
Kategori :

Terkait