Sinergi Semua Pihak, Cara Ampuh Menangkal Hoaks

Kamis 02-12-2021,22:30 WIB
Reporter : Tiko

Radartasik.com, BANGKALAN - Maraknya berita bohong (hoaks) dapat memengaruhi orang menjadi tidak percaya ada dan bahaya Covid-19. Sehingga tak heran,  banyak di antaranya yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan hingga menolak vaksinasi.

Untuk itu, semua komponen masyarakat harus bahu-membahu bersinergi membangun kesadaran bersama.

Pemerintah sejatinya tidak bisa berjalan sendirian karena teknologi masa kini memungkinkan masyarakat untuk mengambil alih proses produksi informasi. Jadi, tanpa keterlibatan semua kalangan, upaya meredam hoaks hanya akan seperti menggantang asap.

Demikian disampaikan Tim Komunikasi Publik Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Savero “Ero” Karamiveta Dwipayana, di hadapan jajaran aparat Polres Bangkalan, dalam kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Aula Polres Bangkalan, Kamis (25/11/2021).

Putra dari pakar komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana ini, pada beberapa kesempatan kerap tampil berbicara di depan publik mendampingi ayahandanya, Dr Aqua Dwipayana. 

Menurut mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) itu, kegiatan yang diikuti saat ini merupakan tindak lanjut safari silaturahim yang dijalankan Dr Aqua selama lebih kurang dua pekan di Jawa Timur. 

Sharing tersebut bertajuk “Memperkuat Kemampuan Komunikasi Seluruh Personel Polres Bangkalan untuk Meningkatkan Kinerja Terutama Memberikan Layanan Terbaik ke Masyarakat". Hadir pada acara yang digelar di Aula Polres Bangkalan itu Kapolres Bangkalan AKBP Alith Ariano SIK.

Sebelum ke Mako Polres Bangkalan, baik Savero mau pun Dr Aqua, masing-masing pada pagi harinya tampil di lokasi berbeda. Dr Aqua Sharing Komunikasi dan Motivasi di SMKN 1 Turen, Kabupaten Malang dalam kegiatan "Jurnalis Mengajar" yang dilaksanakan Tugu Media Group di Malang. Sedangkan Ero --sapaan Savero-- sharing di Universitas Ma Chung Kota Malang.

Sementara sharing Komunikasi dan Motivasi di Polres Bangkalan merupakan hasil silaturahim Dr Aqua dan CEO Tugu Media Group Irham Thoriq, sehari sebelumnya yang telebih dahulu menemui  AKBP Alith di kantornya pada Rabu (24/11/2021).

Tags :
Kategori :

Terkait