Polisi Cilik Ampuh Tegur Pelanggar Lalu Lintas

Kamis 02-12-2021,05:00 WIB
Reporter : Tiko

Radartasik.com - Satlantas Polresta Surakarta memiliki cara unik guna menggugah kesadaran agar tertib lalu lintas (lalin) saat berkendara dan menerapkan protokol kesehatan (prokes), yakni dengan menggandeng polisi cilik (Pocil).

Pocil didampingi anggota satlantas melakukan sosialisasi di Jalan Dr Radjiman, tepatnya di simpang empat Sabar Motor, Rabu (1/12).

Pantauan  Jawa Pos Radar Solo,  terlihat dua bocah menggunakan seragam ala polisi menghentikan sepeda motor. Si pengendara kedapatan tidak memakai masker. Pocil tersebut bergegas memberikan masker kepada si pengendara.

Pengendara berjenis kelamin pria tersebut nampak tersipu malu karena diingatkan Pocil agar selalu patuh lalin dan prokes

Tak selang berapa lama, didapati pengemudi mobil yang tidak menggunakan  safety belt . Setelah laju mobil dihentikan, dua Pocil mengetuk kaca pintu mobil dan meminta si pengemudi memasang sabuk pengaman,

“Cara ini kami gunakan untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya patuh lalin dan prokes. Ketika peringatan itu dilakukan Pocil, pengguna jalan jadi segan,” terang Wakasatlantas Polresta Surakarta AKP Sutoyo.

Tak hanya itu, Pocil juga mendatangi warga yang nongkrong tanpa mengenakan masker. Diakui Sutoyo, peran serta Pocil ampuh menyadarkan masyarakat.

“Saat ini masih dalam rangka Operasi Zebra Candi 2021. Selain menekan angka kecelakaan, kami turut mencegah peningkatan Covid-19. Itu yang menjadi fokus utama kami,” ungkapnya.  (atn/wa/dam)

Tags :
Kategori :

Terkait