radartasik.com, JAKARTA - Setiap akhir tahun, pasti para pecinta belanja menantikan tanggal cantik, yaitu 11.11 atau 12.12, yang diwarnai oleh banyak promo dari toko online, toko offline, e-commerce, hingga aplikasi kredit online juga turut memeriahkan Harbolnas, dengan memberikan promo-promo menarik yang sayang untuk dilewati.
Nah, jika pada 11.11 kemarin Anda membeli banyak barang yang membuat Anda kecewa, karena khilaf membeli barang-barang diskonan, tanpa tahu kapasitas keuangan masing-masing, atau memiliki prinsip lebih baik menyesal beli, daripada menyesal tidak membeli, lebih baik jangan diulangi lagi, ya.
1. Barang Tidak Sesuai Ukuran
Hal ini sering terjadi jika Anda tidak memperhatikan deskripsi produk dan panduan ukuran yang sudah tertera pada halaman produk. Apalagi jika Anda sudah tergiur dengan promo yang ditawarkan, dan langsung check out dengan ukuran yang biasa Anda beli. Bisa jadi, ukuran pada setiap toko berbeda-beda. Lebih baik lihat deskripsi produk atau panduan ukuran dulu, ya!
Ada juga kasus, ketika barang incaran Anda, sneakers misalnya, tinggal tersisa satu size, dan size yang tersedia bukan ukuran Anda. Lebih baik lupakan, dan jangan berpikiran kalau besok-besok ketika dipakai akan menyesuaikan kaki Anda. Jika Anda tetap beli, bisa jadi nanti kaki Anda akan lecet karena memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran, dan hasilnya sepatu tersebut hanya dipakai sekali, dua kali saja.
2. Barang Sebentar Lagi Kadaluarsa
Jika ada diskon groceries, jangan sungkan untuk menanyakan tanggal kadaluarsa pada penjual di toko pilihan Anda. Sebab, tidak jarang para seller menurunkan harga besar-besaran pada makanan, minuman atau kebutuhan pokok sehari-hari lainnya, karena tanggal kadaluarsa sudah dekat.
3. Barang Memiliki Rusak atau Cacat
Tidak jarang juga, para seller menawarkan diskon besar-besaran, tetapi para seller tersebut tidak mengontrol kualitas barang yang dijual, sehingga ada beberapa barang yang cacat yang terkirim ke pelanggan. Anda bisa jadi salah satu pelanggan yang bisa mendapatkan barang rusak atau cacat tersebut.
Jangan patah arang dengan berpikir,”yaudahlah barang rusak, diskonnya besar ini.” Sebagai pelanggan Anda berhak mendapatkan layanan terbaik dari penjual. Oleh karena itu, ketika ingin membuka barang, cobalah untuk memvideokan prosesnya. Jadi, jika barang cacat atau ada rusak, Anda bisa mengklaim untuk penukaran atau pengembalian uang.
4. Barang yang Dibeli Ternyata Tidak Dibutuhkan
Nah, ini sering terjadi bagi Anda yang kalap membeli barang murah yang diskon besar-besaran di e-commerce. Sebagai contoh, ada tas branded yang selama ini Anda inginkan, Anda sangat bersemangat dan merasa untung, karena Anda mendapatkan tas tersebut dengan harga miring. Namun, ketika barang sudah sampai, Anda baru sadar bahwa Anda masih punya banyak tas lain, tetapi sepatu Anda sudah rusak dan harus diganti.
5. Tidak Menggabungkan Beberapa Promo Sekaligus
Kategori :