Pemkot Akan Inventarisir Monumen Bersejarah di Kota Tasik

Rabu 10-11-2021,18:30 WIB
Reporter : tiko

Radartasik.com, KOTA TASIK — Beberapa tugu atau monumen bersejarah di Kota Tasikmalaya perawatannya masih belum jelas. Seperti tugu di depan Bank Mandiri Jalan Otista, Tugu Veteran di Jalan Veteran, dan Tugu Koperasi di Jalan Mohammad Hatta.  

Dari tugu atau monumen tersebut, Tugu Veteran di Jalan Veteran, tepatnya di depan Matahari Dept Store, kondisinya lusuh. Bagian cat tampak memudar dan sudah berlumut. 

Melihat keadaan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan menginventarisir apakah monumen bersejarah itu masuk aset pemkot atau bukan.

"Nanti kita lihat, apakah itu ada kaitan dengan Dinas Sosial (Dinsos) apakah masuk ke Dinas PUTR kalau berada di jalan posisinya," ungkapkan Sekreteris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan kepada radartasik.com, Rabu (10/11/21).

"Pokoknya nanti kita akan lihat. Insya Allah nanti akan kita coba inventarisir. Terima kasih masukannya," sambungnya.

Ivan menambahkan, monumen atau tugu sudah selayaknya mendapat perawatan seperti halnya pengelolaan aset lainnya. "Kita mau menata kalau asetnya bukan milik pemkot juga susah. Kecuali hibah. Makanya harus dipastikan dulu," kata dia.

Ivan mencontohkan, bangunan bersejarah lainnya seperti patung di depan Bank Mandiri masuk ke aset Bank Mandiri. "Kalau Tugu Koperasi kemarin sudah ada perhatian dari Kementerian Koperasi. Yang jelas Insya Allah kita ada langkah ke arah itu (perbaikan, Red)," tukasnya. (rezza rizaldi/radartasik.com)
Tags :
Kategori :

Terkait