Hari Ini, Pengumuman Tiga Besar yang Lolos Seleksi Jabatan Eselon II

Senin 08-11-2021,10:00 WIB
Reporter : syindi

radartasik.com, BUNGURSARI — Hari ini (8/11/2021), tiga besar dari masing-masing posisi jabatan eselon II (kepala dinas) yang dilelangkan akan diumumkan. Mereka selanjutnya akan mengikuti tahapan akhir, yakni tes wawancara secara langsung dengan Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf, yang direncanakan digelar di Kota Bandung.

Kepala Badan Kepegawaian dan PengemA­bangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tasikmalaya Gungun Pahlagunara menjelaskan sampai Minggu 7 November 2021 panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Pansel JPTP) masih menggodok 27 peserta yang menjalani tahapan seleksi. Dijaring menjadi 21 peserta yang lolos tahapan assesment serta wawancara yang dilaksanakan pekan lalu.

“Malam ini maksimal kami umumkan pukul 00.00 WIB. Karena memang pansel masih menggodok hasil test wawancara kemarin, setelah semua peserta yang tersisa mengikuti penyusunan makalah serta assesment,” kata Gungun kepada Radar, Minggu (7/10/2021).

Menurut dia, setelah tahapan tersebut direncanakan mengikuti tahapan akhir sebelum 1 pejabat dari 3 peserta seleksi dipilih untuk kemudian dilantik sebagai kepala dinas baru. Mengikuti sesi wawancara, langsung dengan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yakni wali kota.

“Selasa 9 November apabila tidak ada halangan dijadwalkan 3 besar masing-masing posisi, mengikuti seleksi wawancara akhir oleh PPK, yakni Pak Wali kota,” tuturnya.

Di sana, kata dia, para peserta terbaik dari yang terbaik mulai ditentukan. Setelah wali kota mengantongi nama masing-masing posisi yang akan dijadikan eselon II baru dalam mengisi kekosongan pegawai, langsung dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Setelah itu tuntas, kami melaporkannya ke KASN dan mengusulkan rekomendasi untuk pelantikan. Jadi kita laporkan ke sana itu, sudah ada nama-nama kandidat yang dipilih wali kota untuk diusulkan segera dilantik,” jelas Gungun.

“Semoga tidak ada kendala, supaya secepatnya rekomendasi itu nantinya turun dan segera dilaksanakan pelantikan agar posiisi jabatan eselon II yang kosong segera terisi,” sambungnya.

Seperti diketahui, 7 kursi eselon II yang mengalami kekosongan yakni Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Tim Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Pansel JPTP) di Lingkungan Pemkot Tasikmalaya H Ivan Dicksan berkomitmen pelaksanaan lelang jabatan berlangsung objektif dan transparan.

Ia mengimbau peserta menampilkan kemampuan terbaik masing-masing dalam menjalani setiap tahapan seleksi.

“Silakan rekan-rekan peserta tampilkan yang terbaik, kami Pansel tentu menilai secara objektif. Jangan dengarkan isu yang bermunculan,” ucapnya usai meninjau assesment dan uji kompetensi.

Setelah tahapan tersebut, para peserta mengikuti tahapan wawancara dengan pansel yang selanjutnya 3 terbaik diantaranya diumumkan. Kemudian akan disampaikan ke Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf setelah 3 terbaik hasil seleksi itu diketahui.

“Insyaallah sesuai jadwal 7 November kita umumkan, 3 terbaik hasil seleksi ini,” kata dia.

Dari pantauan Radar, peserta open bidding kali ini yang paling tua yakni H Ucu Anwar Surahman peserta untuk seleksi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta Moh Dani peserta untuk posisi Kepala Dinas Pendidikan. Sementara peserta termuda diantaranya Cecep Ridwan peserta posisi Kepala Dinas Sosial, Rojab Riswan Taufik peserta posisi Sekretaris DPRD.

Kepala BKPSDM Kota Tasikmalaya Gungun Pahlagunara menjelaskan pada tahapan seleksi kali ini, para peserta diuji sejumlah materi tes yang bakal memotret dari sisi personaliti para calon eselon II. Mulai dari karakter, bakat, minat, kompetensi pelamar bisa diketahui cocok untuk menempati bidang yang akan diemban.

Tags :
Kategori :

Terkait