Mantaps, Video Batik Mejeng di Billboard Time Square New York

Senin 25-10-2021,16:15 WIB
Reporter : radi

Radartasik.com, NEW YORK — Kain khas nusantara Indonesia, batik kembali tampil di kancah internasional. Kali ini,  batik muncul lewat video di Billboard Time Square New York, Amerika Serikat.

Dalam video tersebut ditempilkan proses pembuatan Batik Indonesia. Selain itu ditampilkan pula model, influencer, orang tua hingga anak-anak yang mengenakan batik, termasuk batik Indonesia yang tampil di panggung New York Fashion Week.

Ketua Umum YBI Yanti Airlangga mengatakan hadirnya video batik di Billboard Time Square New York tersebut  merupakan salah satu program promosi dan hubungan luar dari Yayasan Batik Indonesia untyuk lebih memperkenal batik di dunia International. Selain itu hal itu juga dalam rangkaian bulan batik Indonesia yang digelar YBI.

 “Kami berupaya membantu perajin batik terlebih di era pandemi ini dan bukan hanya sekedar melestarikan batik saja, tapi juga bagaimana batik agar dapat sustain secara bisnis,” katanya kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

“Hal ini penting agar para perajin batik akan lebih berkembang dan semangat lagi untuk membuat batik. Selain itu juga bisa memperkenalkan batik di industri fashion international, batik bisa mendunia,” tambahnya.

Ia mendorong semua orang memakai batik tak hanya setiap acara formal tetapi dalam kegiatan sehari-hari. Dan tak asal batik, tentu harus ada prosesnya. Menurutnya dengan mengenakan batik minimal kita diingatkan agar menghargai para kreasi UMKM. Apalagi batik juga menjadi warisan budaya yang sudah diakui oleh UNESCO.

“Terima kasih pada PBB yang mengakui batik sebagai heritage dunia, bisa sejajar dengan label dunia jika kita mengedepankan etnik yang kita miliki salah satunya batik,” ungkapnya.

Pada saat pemutaran video tersebut, hadir secara langsung di Time Square New York, Ketua Harian Yayasan Batik Indonesia Coreta Louise yang juga merupakan salah satu designer YBI dan creative director Indonesia. Ia juga pernah membawa batik di New York Fashion Week 2018 lalu. Juga hadir Stephanie Brunetiis dan Olga Ferarra fashion Influencer New York. (jpc)

Tags :
Kategori :

Terkait