Antisipasi Bencana Alam, Polres Siagakan Rantis Lengkap

Senin 25-10-2021,11:22 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, KOTA TASIK — Polres Tasikmalaya Kota bersama unsur kodim, pemkot dan dengan stakeholder lain melaksanakan Apel Siaga Bencana, Senin (25/10/2021) pagi.

Pada acara yang di halaman Mapolres Tasikmalaya Kota, Kapolres AKBP Aszhari Kurniawan mengecek alat-alat penanggulangan bencana alam sumbangan dari Polda Jabar.

”Ini untuk mengantisipasi perubahan iklim dan cuaca yang terjadi di wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya. Dimana, saat ini sudah memasuki musim hujan,” kata dia.

kapolres menjelaskan kejadian seperti banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya dimungkinkan terjadi di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota dan sekitarnya. Maka, pihaknya harus mengantisipasi sejak dini.

”Oleh karena itu kita harus siap baik personel maupun sarana dan prasarananya guna menanggulangi bencana tersebut,” terang dia.

Aszhari menambahkan untuk penanganan bencana di wilayah Priangan Timur seperti Garut, Tasik, Pangandaran, Banjar dan Ciamis, Polres Tasikmalaya Kota diberikan sarana dan prasarana yang cukup memadai oleh Polda Jabar.

”Dalam hal ini satu unit rantis (kendaraan taktis) penanggulangan bencana yang dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti perahu karet, dongkrak, peralatan untuk turun ke dalam sumur beracun atau tambang beracun,” papar dia.

Polres Tasikmalaya Kota, jelas dia, mengover wilayah Priangan Timur. Tidak hanya wilayah Tasik. ”Banjir, tanah longsor, pohon tumbang, angin topan dan lainnya kita siap,” kata dia.

”Kita juga menyiapkan posko bencana di halaman Mapolres Tasikmalaya Kota yang tiap hari buka. Kita siap bergerak kapan pun untuk melakukan penanggulangan jika terjadi bencana alam,” jelasnya. (rezza rizaldi / radartasik.com)
Tags :
Kategori :

Terkait