Pemerintah Tebar 200 Ribu Ekor Nilem dan Nila

Kamis 21-10-2021,12:07 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, KOTA TASIK — Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya menanam benih ikan nilem dan nila sebanyak 200 ribu ekor di perairan umum seperti Situ Gede, Situ Cibeureum dan lainnya pada Kamis (21/10/2021).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya Adang Mulyana menyatakan benih ikan tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.  Benih ikan itu ditebar secara serempak untuk kelestarian lingkungan.

”Benih ikan ini tak hanya di Situ Gede saja ditebarnya, tapi di Situ Cibeureum juga dan lainnya,” katanya kepada radartasik.com.

”Mudah-mudahan dengan adanya bantuan benih ikan di perairan umum bisa meningkatkan populasi ikan di kita,” sambungnya.

Dia berpesan kepada masyarakat sekitar lokasi perairan umum agar ikut melestarikan benih ikan ini. Jadi, nanti yang dimanfaatkannya jangan ikan yang kecil-kecil tersebut.

”Setelah besar nanti, sudah pantas konsumsi silakan (dipanen, Red). Jadi, ikan di sini akan banyak. Kalau yang kecil sudah diambil dan dikonsumsi maka akhirnya kelestarian ikan di sini berkurang,” terangnya.

Jadi, pesan dia, orang yang akan mengambil ikan di perairan umum Kota Tasikmalaya sebaiknya mengambil ikan-ikan yang sudah besar seperti yang 4-5 ekor per kilogram.

”Kalau masih kecil kan sayang. Potensinya kan yang kecil ini tiga bulan ke depan bakal menjadi besar,” jelas dia. (rezza rizaldi / radartasik.com)
Tags :
Kategori :

Terkait