Irigasi di Mangkubumi, Tasik, Disulap Jadi Destinasi Wisata

Kamis 21-10-2021,10:52 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, KOTA TASIK — Menata lingkungan agar lebih asri, nyaman dan bersih sedang tren di beberapa tempat di Kota Tasikmalaya. Tidak hanya sebagai wujud kepedulian terhadap suasana di pemukiman warga, namun juga agar bisa dimanfaatkan untuk hal positif lainnya.

Seperti yang dilakukan warga beserta pemuda di RW 10 dan 11 Kampung Sindang Asih Kelurahan/kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Sejak Agustus 2021, warga gotong-royong membersihkan dan membenahi areal irigasi di kampung tersebut. 

Sepanjang 50 meter aliran air rencananya akan ditata dan didesain semenarik mungkin supaya bisa lebih nyaman disinggahi bahkan dikunjungi warga dari luar kampung.

”Ini berawal dari gagasan ketua RW kami, Pak Tasdikin. Beliau berinisiatif merangkul kalangan muda dan warga untuk membenahi area irigasi yang sering menjadi perlintasan warga di kampung kami,” ujar Sekretaris Karang Taruna Kelurahan Mangkubumi Asep Setiawan kepada Radar, Rabu (20/10/2021).

Bersumber dari swadaya masyarakat, kata dia, sedikit demi sedikit suasana di sekitaran irigasi mulai pangling. Tembok irigasi dicat warna-warni, bantaran aliran sungainya disediakan tempat duduk dari kayu.

Ada beberapa saung sudah mulai didirikan, nantinya untuk memfasilitasi para pedagang atau pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjajakkan produknya.

”Alhamdulillah, belum selesai semua rencana penataannya sudah banyak yang datang. Setiap sore selalu ada saja berswafoto di area irigasi yang kami namai Wisata Kampung Curug Congeang ini. Insya Allah ke depan direncanakan ada semacam food court kita siapkan di sini,” katanya.

Bahkan, lanjut dia, akhir pekan ini pun di lokasi tersebut akan dihelat nobar sejarah nabi. Selain dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, juga mempromosikan rencana penataan area irigasi yang diharapkan menjadi titik destinasi wisata warga.

”Kami menyadari banyak potensi yang bisa dikembangkan dan digali agar lebih bermanfaat. Semoga rencana warga bisa meresmikan wisata kampung ini di akhir tahun bisa terwujud,” harapnya.

Salah seorang pengunjung Dinda Amelia (24) mengaku sengaja datang melihat ke lokasi tersebut. Ia mengetahui dari unggahan temannya di sosial media. ”Penasaran lihat di sosmed teman, bagus juga untuk ikut upload,” ucapnya. (igi)
Tags :
Kategori :

Terkait