BBWS Butuh Kolaborasi dengan Pemda

Rabu 20-10-2021,07:15 WIB
Reporter : Tiko

Radartasik.com, CIBEUREUM — Ketua Umum Manasix sekaligus pegiat lingkungan dan River Tubing Cikaracak, Asep Ugar berinisiatif melaporkan ke BBWS soal tumpukan sampah yang tumpah ke Sungai Cikalang. 

Selasa (19/10/2021) perwakilan BBWS Citanduy merespon dan mendatangi lokasi. Ketua Komisi I Bidang Observasi BBWS Citanduy H Dadan Sukandar Wiradisastra mengakui sungai tersebut merupakan kewenangan BBWS.

Kendati begitu, pihaknya mengharapkan adanya sinergitas dalam penanganaan kondisi sungai. Menurut Dadan, penanganan sungai tidak cukup mengandalkan stakeholder atau sebagian masyarakat saja.

“Saat kami tinjau, memang sungai di sini banyak sampah dari beragam limbah baik rumahan mau pun industri. Ini ada persoalan di aliran Sungai Cikalang yang harus ditangani secara komprehensif bersama-sama,” kata dia.

Ia menambahkan perlunya kolaborasi epik baik pemda, warga sekitar, pegiat lingkungan termasuk BBWS. Harapannya agar persoalan tersebut bisa tertanggulangi.

“Baik hulu, tengah, hilir mesti ada komunikasi dan sinergi. Para warga sekitarnya juga supaya proaktif menjaga dan berkomunikasi, sebab hajat hidup warga di bantaran sungai ini sangat terpengaruh kondisi sungai," terangnya.

"Rencananya warga akan kirim laporan tertulis berkaitan hal ini ke BBWS. Dan kita siap mengawal ini agar bisa membuahkan solusi konkret,” pungkasmya. (igi/radartasik)

Tags :
Kategori :

Terkait