Lama Mati, PT KAI Hidupkan Lagi Angkutan Barang dari Stasiun Indro

Minggu 17-10-2021,04:00 WIB
Reporter : Tiko

Radartasik.com-  Reaktivasi Stasiun Indro, Gresik, tidak hanya untuk layanan penumpang kereta api (KA) Komuter Surabaya Raya. Yakni, Gresik-Surabaya- Sidoarjo, pulang-pergi (PP). Jumat (15/10), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 juga resmi menghidupkan layanan KA logistik dari Stasiun Indro itu ke Stasiun Pasoso, Jakarta.

Direktur Niaga PT KAI Dadan Rudiansyah menjelaskan, angkutan barang peti kemas relasi Stasiun Indro ke Stasiun Pasoso itu diberi nama Indopriuk Cargo. Sebelum dioperasikan, pihaknya sudah melakukan uji coba mulai 11 Oktober 2021. Dari hasil uji coba, jarak tempuh KA barang itu kurang lebih 797,9 km dengan waktu sekitar 14 jam.

Rangkaian KA barang tersebut dengan kapasitan sebanyak 30 gerbong datar bermuatan multikomoditas dengan berat 1.200 ton. Dadan menambahkan, launching angkutan barang itu merupakan tindak lanjut perjanjian kerja sama angkutan barang antara PT KAI dan PT Damar Alam Selaras (DAS).

Target angkutan barang ini untuk tiga bulan pertama akan bisa mengangkut 650 teus dan selanjutnya akan mengangkut 750 teus.

Dadan menyatakan, Gresik merupakan daerah yang memiliki potensi besar. Sebab, merupakan kawasan industri. Karena itu, dia pun optimistis ke depan, jumlah barang yang diangkut minimum bisa mencapai 1.550 teus per bulan. ''Ini sebagai wujud dukungan PT KAI pada masyarakat dan industri dalam hal pelayanan angkutan barang menggunakan transportasi KA,'' paparnya.

Sebelumnya, setelah lama mati suri bertahun-tahun, PT KAI Daop 8 menghidupkan kembali Stasiun Indro untuk melayani penumpang rute pendek Surabaya Raya pada Februari 2021 lalu. KA Komuter itu berangkat dari Stasiun Indro Gresik pukul 12.40 dan tiba di Sidoarjo pukul 14.40 WIB. Kapasitas penumpang sebanyak 186 orang. (jpg)

Tags :
Kategori :

Terkait