3 Orang Tewas Akibat Gempa Bali

Sabtu 16-10-2021,13:22 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, BALI — Sedikitnya tiga orang dilaporkan tewas akibat gempa bumi dengan magnitudo 4,8 di wilayah Provinsi Bali atau tepatnya 8 km barat laut Kabupaten Karangasem, Sabtu (16/10/2021), pukul 04.18 WITA.

Informasi sementara yang disampaikan melalui siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa tersebut mengakibatkan sejumlah bangunan rusak, tiga orang meninggal dunia dan tujuh orang mengalami luka berat di Kabupaten Karangasem dan Bangli.

Terkait penanganan darurat, informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, penanganan darurat masih berlangsung hingga saat ini.

Perkembangan informasi pada pukul 07.15 WITA, BPBD Karangasem menyebutkan satu warga meninggal dunia.

Sementara Basarnas masih melakukan evakuasi korban dari reruntuhan bangunan. Sedangkan tujuh warga mengalami luka berat telah dievakuasi ke puskesmas terdekat dan RSUD Karangasem.

Secara terpisah, di Kabupaten Bangli, dua warga dilaporkan meninggal meninggal dunia dan telah dievakuasi ke puskesmas setempat.

Di Bangli, empat warga yang sempat tertimbun material bangunan berhasil diselamatkan tim SAR. Sedangkan empat lainnya berhasil melakukan evakuasi mandiri.

BPBD Kabupaten Karangasem dan Bangli masih melakukan pemutakhiran data di lokasi kejadian.

Di lain sisi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa magnitudo 4,8 berpusat pada kedalaman 10 km.

Dilihat dari kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, guncangan gempa dirasakan warga di wilayah Denpasar, Karangasem, Lombok Utara berada pada IV MMI.

Sedangkan Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Mataram III MMI.

Informasi sebelumnya yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menyebutkan guncangan kuat dirasakan di beberapa wilayah.

Menurut keterangan BPBD Kabupaten Bangli, guncangan gempa dirasakan kuat oleh warga selama 5 detik.

Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah saat gempa terjadi. 

Guncangan juga dirasakan sedang hingga kuat selama 3 hingga 5 detik di Kabupaten Karangasem. Sedangkan guncangan kuat selama 5 detik dirasakan di Kota Denpasar. 

Pascagempa, Pusdalops BNPB terus memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD terdampak untuk mendapatkan informasi terkini. (jpg/lan)

Tags :
Kategori :

Terkait