Jawa Barat Perkasa di Cabor Dayung, Raih 16 Emas

Minggu 10-10-2021,18:15 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, JAYAPURA — Kontingen Jawa Barat benar-benar perkasa pada cabang olahraga (cabor) dayung di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

Mulai disiplin olahraga kano, rowing hingga traditional boat race (TBR) atau perahu naga, Jawa Barat tampil menunjukkan superioritasnya. Pada PON XIX di Jawa Barat juga menjadi juara umum cabor dayung.

Dari disiplin kano, Jawa Barat mengemas tujuh medali emas, tiga perak dan tiga perunggu dari 16 nomor yang diperlombakan. Raihan tersebut membuat mereka menjadi juara umum di disiplin kano.

Tim dayung Jawa Barat juga sukses menjadi juara umum di disiplin rowing dengan menggondol tujuh medali emas, empat perak dan tiga perunggu dari 15 nomor yang diperlombakan.

Pada hari pertama perlombaan disiplin TBR, Jawa Barat sudah mengawinkan dua medali emas di nomor TBR 1000 meter putra dan putri.

Total medali emas yang sudah dikoleksi oleh tim dayung Jawa Barat sebanyak 16 buah. Pencapaian tersebut membuat pelatih mereka puas karena tim dayung hanya dibebani target 13 medali emas oleh KONI Jawa Barat.

”Alhamdulillah kita bisa melampaui target kita karena yang ditargetkan oleh KONI Jabar itu 13 emas. Ya syukur atas hasil ini karena kerja keras kita dari mulai awal latihan kita, walaupun musim pandemi Covid-19 tetap berlatih. Sudah jadi target kita juga dengan jumlah 16 emas,” kata Dian Kurniawan, pelatih kano dan TBR Jawa Barat.

Dian optimistis timnya bisa menyapu bersih tujuh nomor perlombaan berikutnya di disiplin TBR dan menyamai perolehan medali mereka di PON XIX Jawa Barat tahun 2016.

”Perbandingan dengan PON XIX Jawa Barat sudah hampir sama dengan yang sekarang. Kita di Jabar itu dapat 19 emas secara keseluruhan. Kalau dilihat dari keberhasilan tim kita di jarak 1.000 meter ini. Kita optimis bisa menyapu bersih di nomor TBR berikutnya,” pungkasnya. (djarwo/dominggus/pbpon/lan)
Tags :
Kategori :

Terkait