Hima Persis Didorong Lebih Kritis

Sabtu 09-10-2021,10:30 WIB
Reporter : syindi

radartasik.com, BUNGURSARI — Pengurus Daerah Humpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PD Hima Persis) Tasikmalaya Raya periode 2021-2023 resmi dilantik. Para intelektual muda yang tergabung dalam wadah tersebut, diharapkan memberi kontribusi nyata terhadap kemajuan daerah, yang saat ini membutuhkan ide dan gagasan kalangan milenial untuk mewarnai setiap sendi perekonomian dan pembangunan.

Hal itu diungkapkan Pembina PD Hima Persis Tasikmalaya Raya, H Budi Mahmud Saputra SE. Menurutnya, estapet kepengurusan dengan pergantian pengurus di sebuah organisasi bukanlah sebatas acara seremoni. Namun program kerja yang sudah dilaksanakan pengurus lama, mesti dilanjutkan dan pengurus baru mengemban sejumlah pekerjaan rumah serta beban dalam berkontribusi terhadap fenomena yang faktual terjadi saat ini.

“Saya optimis para intelektual muda ini bisa melanjutkan program-program baik pengurus sebelumnya, kemudian berkontribusi nyata dan bersinergi dengan stakeholder menyelesaikan problematika saat ini, terutama dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19,” papar H Budi kepada Radar, usai menghadiri pelantikan di Gedung Aisyah Jalan Ir H Juanda, Jumat (8/10/2021).

Dia menjelaskan selama ini Hima Persis Tasikmalaya Raya memberikan warna tersendiri dalam setiap denyut perubahan di daerah.

Kontribusi riil sebagai kalangan intelektual muda, bergerak secara mandiri dengan gaya tersendiri.

Tujuannya, memberi perubahan daerah ke arah lebih baik, meski sedikit demi sedikit sekemampuan para mahasiswa. ”Amanah sebagai bagian dari organisasi, merupakan tugas berat. Oleh karena itu, mereka selaku kalangan pemikir mesti hadir di tengah kondisi masyarakat yang serba sulit,” tuturnya.

Dengan memberikan input dan gagasan untuk mendorong kemajuan dengan gaya yang tetap elegan sebagai para intelektual muda, tidak anarkis dan itu yang saya tahu dari rekan-rekan Hima Persis,” kata tokoh pengusaha properti tersebut.

Ia pun menitipkan supaya wadah himpunan bisa menjadi jembatan gagasan masing-masing anggota dalam bereksperimen. Menjadi laboratorium pemikiran dalam upaya berkontribusi mendorong kemajuan daerah, tanpa mengesampingkan nilai-nilai spiritual pada gerak langkahnya dalam mendorong perubahan.

”Meski kritis, mereka pun diharapkan terus mengedepankan mental spiritual yang selama ini melekat di Hima Persis. Sebab, mereka adalah calon-calon pemimpin ke depan, yang tentunya brilian dari sisi pemikiran, tetapi tetap berpondasi terhadap keimanan dan ketakwaan,” harap Budi.

Sementara itu, Ketua PD Hima Persis Tasikmalaya Raya Periode 2021-2023 Aldiansyah Nugraha bertekad melanjutkan program kepengurusan sebelumnya yang belum tertunaikan.

Energi kemajuan yang diwariskan pengurus lama bisa menjadi motivasi dalam menggerakan roda organisasi yang menaungi Tasikmalaya dan Ciamis itu tetap eksis.

“Terutama kita ingin mendorong literasi rekan-rekan mahasiswa. Itu perlu ditanamkan agar tidak tergerus informasi-informasi yang berpotensi membuat kegaduhan saja, tanpa memberikan solusi positif terhadap kemajuan atau perkembangan daerah,” ungkapnya.

Aldi menambahkan efek kondisi pandemi Covid-19 sedikit banyaknya cukup menggerus minat baca kalangan mahasiswa. Padahal sebagai kaum terpelajar, semestinya menjadi figur-figur yang memberikan informasi terhadap lingkungannya masing-masing, sebagaimana intelektual muda yang mencerahkan masyarakat umum.

“Insya allah kita pun akan terus menuangkan ide dan gagasan lain selama jalannya kepengurusan, sebagaimana amanat tema dari pelantikan kali ini, terwujudnya Hima Persis Tasikmalaya Raya yang berkarakter revolusioner radikalis berlandaskan nilai-nilai Ulul Albab sebagai falsafah gerakan,” harap Aldi. (igi)
Tags :
Kategori :

Terkait