Waduh! 8 Orang Kepercayaan Tersangka Azis Disebut Berada di KPK

Selasa 05-10-2021,00:15 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, JAKARTA — Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman akan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut delapan orang kepercayaan mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin di markas antirasuah.

Sebab, dalam persidangan perkara dugaan suap penanganan perkara Kota Tanjungbalai terungkap fakta bahwa Azis memiliki delapan orang kepercayaan di KPK. ”Iya (akan minta KPK usut orang kepercayaan Azis Syamsuddin, Red),” kata dia, Senin (04/10/2021).

Boyamin menduga mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju tidak bermain sendiri dalam penanganan kasus dugaan suap Kota Tanjungbalai.  Dia menduga ada keterlibatan pihak lain yang membantu permainan Robin. ”Rasanya tidak mungkin bermain sendiri, tapi aku belum punya bukti siapa-siapa lainnya,” papar Boyamin.

Secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri memastikan akan mengusut fakta persidangan dalam kasus dugaan suap pengurusan perkara Kota Tanjungbalai. Sebab, dalam persidangan terungkap, mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin disebut mempunyai delapan orang kepercayaan di KPK.

”Kami memastikan setiap fakta sidang tentu akan di kros cek ulang dengan keterangan saksi lain ataupun terdakwa,” ucap Ali.

Juru Bicara Bidang Penindakan  KPK   ini mengutarakan keterangan yang terungkap di persidangan akan di dalami tim jaksa penuntut umum (JPU) di persidangan. Hal ini akan didalami dengan saksi-saksi lainnya.

”Sehingga keterangan saksi tersebut masih akan terus didalami oleh Tim Jaksa KPK dengan memanggil saksi-saksi lain yang relevan dengan pembuktian fakta-fakta dimaksud,” tegas dia.

Dia memastikan, para saksi yang hadir juga akan dikonfirmasi melalui berbagai barang bukti yang ada dalam berkas perkara para terdakwa dimaksud.

”Harapannya tentu pada akhir sidang dapat disimpulkan adanya fakta-fakta hukum. Sehingga dakwaan jaksa dapat terbukti dan perkara dapat dikembangkan lebih lanjut,” pungkas dia.

Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Sekretaris Daerah nonaktif Kota Tanjungbalai Yusmada menyampaikan mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mempunyai delapan orang kepercayaan di lingkungan KPK.

Salah satunya, mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju yang kini terjerat dalam perkara dugaan suap pengurusan perkara Kota Tanjungbalai.

Mulanya JPU KPK Heradian Salipi menanyakan pernyataan Wali Kota Tanjungbalai nonaktif, Syahrial yang menyebut Azis Syamsuddin memiliki delapan orang kepercayaan.

”Pak Syahrial pernah cerita nggak Azis punya delapan orang di KPK yang bisa digerakan azis Syamsuddin?,” tanya jaksa KPK Heradian.

“Pernah pak,” jawab Yusmada.

Lantas Jaksa KPK mengonfirmasi hal tersebut, kalau salah aatu orang kepercayaan Azis di KPK adalah Stepanus Robin Pattuju. Hal ini pun dibenarkan Yusmada.

“Salah satunya Robin?,” telisik Jaksa KPK.

Tags :
Kategori :

Terkait