So Sweet... Nenek Ini Rela Gendong Suami Demi Vaksinasi ke Puskesmas

Senin 04-10-2021,11:05 WIB
Reporter : radi

Radartasik.com, LOMBOK —  Ada pemandangan yang tak biasa terjadi saat digelar kegiatan vaksinasi di Puskesmas Penimbung Desa Mambalan, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (01/10/2021) lalu.

Seorang nenak berusia 52 tahun bernama Ni Kadek Tirta terlihat setia mendampingi dan menggendong suaminya yang disabilitas bernama I Ketut Lanus usia 69 tahun dalam setiap tahapan vaksinasi.

”Ini vaksin pertama kami,” kata Kadek Tirta.

Dengan segala keterbatasan, warga Dusun Lilir Barat, Desa Mambalan ini tetap setia menghadiri hampir setiap program desa. Mulai dari musyawarah dusun, musyawarah perempuan dan disabilitas,  sampai program vaksin pada hari Kesaktian Pancasila yang jatuh Jumat 1 Oktober 2021 ini.

”Kami tiba di Puskesmas jam 08.00 wita, dan sekarang lagi menunggu antrean,” terangnya.

Seperti halnya ratusan warga Mambalan, Kadek Tirta dan suaminya yang buruh harian ini juga tampak sangat bersemangat untuk menjaga kekebalan imun tubuh. Keduanya memandang penting mendapatkan vaksin di kala covid-19 ini melanda.

”Kami ingin tetap sehat,” ujarnya.

Dalam tahapan proses vaksinasi, kadang Kadek Tirta menolak ketika ada warga lain yang hendak membantunya. Bahkan naik dan turun tangga ke lantai dua di Puskesmas Penimbung, Kadek Tirta menolak untuk dibantu. Ia menggendong suaminya dengan sangat hati-hati saat naik dan turun anak tangga Puskesmas.

”Kalau mau bantu, carikan saya kursi roda untuk keperluan sehari-hari saya di rumah,” ungkap Kadek Tirta lirih.

Melihat kondisi warganya itu, Kades Mambalan S Abdollah Alkaff berjanji akan berupaya menjemput warganya itu saat akan melakukan vaksinasi yang kedua.

”Ini berlaku untuk semua warga yang membutuhkan bantuan,” terangnya.

Menurut Abdollah, pemandangan Kadek Tirta yang menggendong suaminya keluar dari Puskesmas Penimbung usai vaksin ini pun sempat mendapat perhatian pejabat setempat. Salah satunya Danramil Gunungsari.

”Danramil katanya akan mencoba mencarikan kursi roda untuk dia,” kata pria yang akrab disapa Apink Alkaff ini. (r3/nur/lombokpost)

Tags :
Kategori :

Terkait