Agar Warga Indonesia Bisa Umroh, Pemerintah Harus Lobi Arab Saudi

Minggu 26-09-2021,12:00 WIB
Reporter : agustiana

radartasik.com  - Arab Saudi telah mengizinkan jemaah dari luar negara untuk melakukan ibadah umrah, sejak 10 Agustus 2021 lalu.

Untuk Indonesia? Belum ada k epastian resmi terkait pelaksanaan umrah. Hal ini harus segera dilakukan pemerintah dengan cara melobi pemerintah Arab Saudi.

Demikian desakan disampaikan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, yang merasa sedih lantaran jemaah dari Indonesia masih belum mendapatkan izin Arab Saudi.

“Pemerintah perlu mempersiapkan segala ikhtiar, komunikasi, upaya diplomasi tingkat tinggi dan pendekatan kepada Pemerintah Arab Saudi agar mencabut larangan bagi jemaah umrah Indonesia," tegasnya kepada wartawan, Sabtu (25/09/21) malam.

Sinergitas kementerian terkait juga diperlukan, mengingat urusan umrah dan haji melibatkan Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Kesehatan.

Secara teknis, urainya, di saat Kemenlu dan Kemenag melakukan lobi, Kemenkes harus bergerak terus melakukan vaksinasi dosis lengkap kepada masyarakat Indonesia.

“Termasuk vaksin booster seperti yang diakui oleh otoritas di sana (Arab Saudi)," ungkap dia.

Untuk saat ini, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi memang mengharuskan jemaah umrah untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 berdasarkan vaksin yang telah diakui Pemerintah Arab Saudi.

Tags :
Kategori :

Terkait