Visi Indonesia Emas 2045, Airlangga: SDM Generasi Muda Jadi Pencipta Pekerjaan

Minggu 19-09-2021,09:54 WIB
Reporter : agustiana

radartasik.com  - Kasus aktif Covid-19 di Indonesia saat ini terus mengalami tren penurunan.

Momentum pemulihan tersebut perlu untuk dijaga secara bersama oleh seluruh masyarakat sehingga Indonesia bisa kembali  on track  dalam upaya untuk segera keluar dari  middle income trap  dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Salah satu agenda besar yang menjadi prioritas Pemerintah untuk mewujudkan visi tersebut adalah peningkatan kualitas SDM terutama pada generasi muda.

“Para pelajar Indonesia di luar negeri, yang rata-rata merupakan generasi muda, memiliki peran penting sebagai  game changer  di masa depan terutama di era digital," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Generasi muda dalam 20 tahun kedepan akan memimpin Indonesia. Sehingga tentu kita berharap generasi muda ini tidak hanya menjadi pencari kerja tetapi dapat menjadi pencipta pekerjaan,” sambungnya.

Hal tersebut di sampaikan Menko Airlangga dalam acara webinar memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Pelajar Indonesia Dunia ke-14 dengan judul PPI Dunia Untuk Indonesia “Sinergi PPID Membangun Negeri”, Jumat (17/09/21).

Akselerasi dalam meningkatkan kualitas SDM dan transformasi ekonomi memerlukan koordinasi dan sinergi dengan seluruh pihak.

Kebutuhan tersebut didukung dengan konsep pembangunan  pentahelix , di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

Tags :
Kategori :

Terkait