Full Day School Kembangkan Karakter Islami

Jumat 03-09-2021,19:00 WIB
Reporter : syindi

radartasik.com, TASIK  - Sekolah Dasar (SD) swasta elit di Kota Tasikmalaya diminati masyarakat, salah satunya sekolah yang memiliki program unggulan full day school, seperti SD Al Muttaqin dan SD IT Ibadurrahman.

Dengan memiliki program unggulan full day school dapat mengembangkan akhlak mulia, sains Al Qur'an, hafalan Al Qur'an, bahasa asing dan ekstrakurikuler matematika atau sains.

Kepala SD Al Muttaqin Full Day School Otong Tatang SPd mengakui bahwa setiap melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hampir tidak kekurangan rombongan belajar (rombel).

“Alhamdulillah setiap penerimaan siswa baru ada 5 rombel di sini selalu penuh. Jumlah siswa seluruhnya dari kelas bawah hingga ke atas minimal 867 siswa,” katanya kepada Radar, Kamis (2/9/2021).

Ia mengatakan, rata-rata orang tua yang menyekolahkan anaknya di SD Al-Muttaqin bekerja di sektor BUMN, TNI/Polri dan pengusaha. “Menurut orang tua yang anaknya sekolah di sini lebih nyaman dan aman. Sebab bisa membantu pendidikan dan perkembangan karakter anaknya saat mereka bekerja,” ujarnya.

Oleh karenanya, pihaknya ingin menjaga kepercayaan masyarakat yang tinggi tersebut dengan pembelajaran full day school.

Pihaknya terus mewujudkan agar SD Al Muttaqin tetap mencetak generasi yang unggul dalam kesalehan, prestasi, inovasi dan berwawasan lingkungan. Itu dikemas dalam pengembangan dan pembiasaan akhlak mulia, sains Al-Qur'an, tahfiz, bahasa Arab dan Inggris, dan ekstrakurikuler matematika atau sains.

“Kalau di sini pendidikan akhlak ditekankan dengan memprioritaskan pembiasaan salat, baca Al Qur'an dan hafalan Al-Qur'an untuk bisa 30 Juz,” katanya.

Baca Al-Qur'an dilakukan selama 6 jam pelajaran, hafalan Al-Qur'an selama 4 jam pelajaran, dan sains Al-Qur'an selama 4 jam pelajaran. “Kita fokus pada pengembangan akhlak mulia siswa,” ujarnya.

Dalam ilmu pengetahuan, pihaknya pun tetap menonjolkan integrasi sains dan Al Qur'an. Oleh karenanya setiap mata pelajaran selalu didahului Al Qur'an. Misalnya belajar makhluk hidup dibacakan Al Qur'an lalu penjelasan sains.

“Untuk menanamkan kepada anak bahwa semua ilmu dari Al Qur'an, kemudian juga merangsang anak hafal ayat Al Qur'an,” katanya.

Dalam hal mengasah intelektual para siswa, sambungnya, selain pembelajaran di kelas, ada kegiatan matematika klub, sains klub dan bahasa Inggris atau Arab dalam bentuk pengayaan.

“Itu dilaksanakan setiap Sabtu, dengan menyesuaikan pembelajaran sesuai level pengayaan,” ujarnya.

Selain itu, SD Al Muttaqin memiliki fasilitas yang menunjang pembelajaran, seperti laboratorium komputer, lapangan olahraga, gedung pembelajaran yang nyaman, perpustakaan, ruang kesenian, ruang makan, pusat media pembelajaran sains dan lainnya.

Dengan fasilitas yang lengkap tersebut, pihaknya lebih siap dalam mengimplementasikan pembelajaran daring.

Pembelajaran tatap muka terbatas juga sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat. Jam pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 diubah, shift satu pukul 7.30 hingga 11.00 dan shift kedua pukul 13.30 hingga 15.00. “Lalu untuk masuk dan pulang sekolah, siswa sudah langsung dijemput dengan kendaraan pribadi oleh orang tuanya langsung,” ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait